Pengembangan bahan ajar media pembelajaran fisika dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan kemampuan pembuatan alat-alat praktikum calon guru fisika
DOI:
https://doi.org/10.21067/mpej.v2i2.2709Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bahan ajar media pembelajaran fisika berbasis multi representasi untuk mengembangkan kemampuan membuat dan merangkai alat-alat percobaan fisika dan mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar ini pada materi listrik dan magnet. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Desain penelitian menggunakan desain Four-D yaitu Define, Desain, Develop, Disseminate oleh Thiagarajan, dkk., 1974. Instrumen penelitian adalah angket. Data penelitian terdiri dari data uji kelayakan oleh validator dan data ujicoba terbatas yang diberikan kepada mahasiswa yang diperoleh melalui pemberian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji kelayakan yang didasarkan validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata uji kelayakan sebesar 3,51 yang dikategorikan baik/valid sehingga bahan ajar layak digunakan, (2) Respon siswa terhadap bahan ajar media pembelajaran fisika berbasis multi representasi melalui ujicoba terbatas diperoleh nilai rata-rata ujicoba terbatas sebesar 3,58 yang dikategorikan baik/valid
Kata Kunci: Bahan Ajar, Multi Representasi, Media pembelajaran Fisika
Downloads
References
Aji, S. D., Hudha, M. N., Huda, C., NANDIYANTO, A. B. D., & ABDULLAH, A. G. (2018). the Improvement of Learning Effectiveness in the Lesson Study By Using E-Rubric. Journal of Engineering Science and Technology, 13(5), 1181–1189.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, W. . (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 2 balikpapan. Malang.
Basyarudin Usman, M. dan A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
De Cock, M. (2012). Representation use and strategy choice in physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.020117
Gunawan. (2010). Model Pembelajaran Berbasis MMI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Calon Guru pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 11–12.
Hudha, M. N., Aji, S. D., & Huda, C. (2018). E-Rubric: Scientific Work Based on Android for Experimental Physic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012100
Lovisa, U. (2011). Penggunaan Pendekatan Multi Representasi Pada pembelajaran Konsep Gerak Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Memperkecil Miskonsepsi siswa SMP. Bandung.
Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etkina, E. (2009). Do students use and understand free-body diagrams? Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.5.010108
Silaban, K.S., Bakri, S., Delina, M. (2016). Pengembangan Buku Berbasis Multi Representasi Seri Fluida dengan Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM). In Seminar Nasional Fisika 2016. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305010208
Sobry Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Stephens, A. L., & Clement, J. J. (2010). Documenting the use of expert scientific reasoning processes by high school physics students, (November), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.6.020122
Sundaygara, C., Kusairi, S., Hidayat, A. (2014). Pengaruh Multi Representasi pada Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Representasi Siswa SMA, 18, 37–42.
Sundaygara, C., & Gaharin, D. (2017). PENGARUH MULTIPLE REPRESENTATION PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP FISIKA, 1(2), 111–121.
Tytler, R., Haslam, F., Prain, V., & Hubber, P. (2009). An Explicit Representational Focus for Teaching and Learning about Animals in the Environment. Teaching Science, 55(4), 21–27.
Utari, S. (2010). Pengembangan Program Perkuliahan untuk Membekali Calon Guru dalam Merencanakan Kegiatan Eksperimen Fisika di Sekolah Menengah. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Momentum: Physisc Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Momentum: Physics Education Journal