Pengembangan bahan ajar media pembelajaran fisika dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan kemampuan pembuatan alat-alat praktikum calon guru fisika

Main Article Content

Chandra Sundaygara
Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Muhammad Nur Hudha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bahan ajar media pembelajaran fisika berbasis multi representasi untuk mengembangkan kemampuan membuat dan merangkai alat-alat percobaan fisika dan mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar ini pada materi listrik dan magnet. Metode penelitian ini adalah penelitian  dan pengembangan (R&D). Desain penelitian menggunakan desain Four-D yaitu Define, Desain, Develop, Disseminate oleh Thiagarajan, dkk., 1974. Instrumen penelitian adalah angket. Data penelitian terdiri dari data uji kelayakan oleh validator dan data ujicoba terbatas yang diberikan kepada mahasiswa yang diperoleh melalui pemberian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji kelayakan yang didasarkan validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata uji kelayakan sebesar 3,51 yang dikategorikan baik/valid  sehingga bahan ajar layak digunakan, (2) Respon siswa terhadap bahan ajar media pembelajaran fisika berbasis multi representasi melalui ujicoba terbatas diperoleh nilai rata-rata ujicoba terbatas sebesar 3,58 yang dikategorikan baik/valid
 
Kata Kunci: Bahan Ajar,  Multi Representasi, Media pembelajaran Fisika

Article Details

How to Cite
Sundaygara, C., Pratiwi, H., & Hudha, M. (2019). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran fisika dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan kemampuan pembuatan alat-alat praktikum calon guru fisika. Momentum: Physics Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.21067/mpej.v2i2.2709
Section
Articles

References

Aji, S. D., Hudha, M. N., Huda, C., NANDIYANTO, A. B. D., & ABDULLAH, A. G. (2018). the Improvement of Learning Effectiveness in the Lesson Study By Using E-Rubric. Journal of Engineering Science and Technology, 13(5), 1181–1189.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, W. . (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 2 balikpapan. Malang.

Basyarudin Usman, M. dan A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

De Cock, M. (2012). Representation use and strategy choice in physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(2), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.020117

Gunawan. (2010). Model Pembelajaran Berbasis MMI untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Calon Guru pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 11–12.

Hudha, M. N., Aji, S. D., & Huda, C. (2018). E-Rubric: Scientific Work Based on Android for Experimental Physic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012100

Lovisa, U. (2011). Penggunaan Pendekatan Multi Representasi Pada pembelajaran Konsep Gerak Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Memperkecil Miskonsepsi siswa SMP. Bandung.

Rosengrant, D., Van Heuvelen, A., & Etkina, E. (2009). Do students use and understand free-body diagrams? Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.5.010108

Silaban, K.S., Bakri, S., Delina, M. (2016). Pengembangan Buku Berbasis Multi Representasi Seri Fluida dengan Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM). In Seminar Nasional Fisika 2016. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305010208

Sobry Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Stephens, A. L., & Clement, J. J. (2010). Documenting the use of expert scientific reasoning processes by high school physics students, (November), 1–15. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.6.020122

Sundaygara, C., Kusairi, S., Hidayat, A. (2014). Pengaruh Multi Representasi pada Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Representasi Siswa SMA, 18, 37–42.

Sundaygara, C., & Gaharin, D. (2017). PENGARUH MULTIPLE REPRESENTATION PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP FISIKA, 1(2), 111–121.

Tytler, R., Haslam, F., Prain, V., & Hubber, P. (2009). An Explicit Representational Focus for Teaching and Learning about Animals in the Environment. Teaching Science, 55(4), 21–27.

Utari, S. (2010). Pengembangan Program Perkuliahan untuk Membekali Calon Guru dalam Merencanakan Kegiatan Eksperimen Fisika di Sekolah Menengah. Bandung.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.