PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI MINAT BACA

PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI MINAT BACA

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Husniati Husniati Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram
  • Setiani Novitasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808

Keywords:

Prestasi Belajar, Minat Baca, Mahasiswa PGSD, Learning Achievement, Intereset in Reading, PGSD Student

Abstract

Abstract
This study is intended to discuss the relationship between reading interest and student achievement in introductory courses in the academic year 2019-2020. The population in this study was the first semester of the University of Mataram University PGSD students with a total of 342 students. This type of research is quantitative descriptive, while the hypothesis testing is done by testing. Data collection uses questionnaires, interviews, and documentation. PGSD is included in the very high category of 0.97%, high of 26.21, moderate of 46.60%, low of 25.24% and very low of 0.97%. Student achievement in the category of very high at 0.97%, high 10.68%, moderate 41.75%, low 37.86% and very low at 8.74%. 41.75%. Based on the hypothesis test> R-value calculated from the R table; sig <α (0,932> 0,195; 0,000 <0,05) which means a significant and positive relationship between reading interest and student achievement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan tahun akademik 2019-2020. Populasi dalam  penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Universitas Mataram semester 1 dengan jumlah 342 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji korelasi. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa minat baca mahasiswa PGSD yang masuk dalam kategori sangat tinggi 0.97%, tinggi 26.21, sedang 46.60%, rendah 25.24% dan sangat rendah 0.97%. Prestasi belajar mahasiswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 0.97%, tinggi 10.68%, sedang 41.75%, rendah 37.86% dan sangat rendah sebesar 8.74%.  41.75%. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai R hitung > dari R tabel ; sig < α (0.932 > 0.195 ; 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2017). Analisis Minat Baca Mahasiswa Universitas Sembilan belas November Kolaka Di Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jurnal Universitas Halu Oleo, 2(1), 1–13. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/wakapendikips/article/download/2346/1709

AR, M., Suyono, & Nuchasanah. (2017). Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu

Dan Berkarakter, 1(10), 56–63. Retrieved from http://pasca.um.ac.id-/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/843

Ariesti, G., Aminuyati, & Utomo, B. B. (2016). Pengaruh Membaca Buku Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1), 1–12. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/17166/-14655

Basri, S. (2012). Prestasi Akademik Ditinjau dari Kemampuan Literasi Media. Jurnal Dakwah, XIII(1), 15–38. https://doi.org/10.1111/j.1365- 313X.2010.04387.x

Benediktus. (2017). The Teacher’s Efforts To Improve The Reading Interest Of Grade Iii A Students SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10, 10(6), 916–922.

Donal, A. (2015). Students’ Reading Interest (A Case Study At Fkip Of The University Of Pasir Pengaraian). Journal of English Education, 1(1), 23– 32.

Ermida. (2019). Peningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Learning. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 67–80. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article-

/download/3409/2174/

Hardianto, D. (2011). Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Uny. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 108–121. https://doi.org/10.1002/cpp.2135

Musafiri, M. R. Al. (2016). Pengaruh Minat Baca Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Iai Darussalam Blokagung. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VII(2), 466–478. Retrieved from https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/download/22/20/

Nurhaidah, M. I. M. (2017). Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa Pgsd Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 1–11.

Rachmawati, U. (2018). Reading Interest Of Senior High School Students: A Case Study. Journal of Languages and Language Teaching, 6(1), 17. https://doi.org/10.33394/jollt.v6i1.809

Radity, W. A. (2016). Correlations of Reading Interest and Social Studies Learning Achievements. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(5), 64–71.

Sutarti, T. (2017). Efforts to Increase Students Reading Interest on Educational Reference Through Classical Guidance and Counseling Experiential Learning Model. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning),

(1), 118. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i1.152

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Curere / Vol.02 / No. 02 / Oktober 2018, 02(02), 141–152. Retrieved from http://www.portaluniversitasquality.- ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/viewFile/157/130

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI MINAT BACA. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 38–46. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808

Issue

Section

Articles
Loading...