Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4189Keywords:
E- Learning, Profesi Keguruan, Penelitian pengembangan, Profesi Keguruan Course, Development ResearchAbstract
Abstract: This study aims to develop E-Learning of “Mata Kuliah Profesi Keguruan†to be Blended Learning subjects. The method used in this research is the development research method using the ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) model. Based on the results of the study, it can be concluded that e-learning of “Mata Kuliah Profesi Keguruan†has met the validity criteria with a value of 97.093% from expert validators. The product trial results with students obtained a positive response that is equal to 90% with the criteria of "very good".
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning pada Mata kuliah Profesi Keguruan menjadi mata kuliah Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-learning mata kuliah Profesi Keguruan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai 97,093% dari validator ahli. Hasil uji coba produk dengan mahasiswa diperoleh respon yang positif yaitu sebesar 90% dengan kriteria “sangat baikâ€.
Downloads
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam V, 7(Juli), 855–866.
A. Fathurohman, F. A. H. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang: Universitas Muhammadiyah.
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. InvoteK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning.
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan TinggI. Jurnal Tatsqif. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.972
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional.
Banggur, M. D. V., & Situmorang, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol., 2(2), 152–165.
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6074
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Dwiyogo, W. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP).
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1516
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Bleended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi utuk Mewujudkan Islamic Cyber Campus. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Ismaniati, C., Sungkono, & Wahyuningsih, D. (2015). Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Daya Tarik Dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 19–27.
Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I10.11737
Köse, U. (2010). A blended learning model supported with Web 2.0 technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.417
Muwallidah, M., Sedyati, R. N., & Ani, H. M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X IPS DI SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 140–147. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6461
Noviansyah, N. (2015). Pembelajaran Bauran Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. At-Turats. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318
Qamar, K., & Riyadi, S. (2018). Efektivitas Blended Learning Menggunakan Aplikasi Telegram. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah.
Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan Model Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152.
Riyanto, N. (2016). Pemanfaatan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan MOtivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Tekanan Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojongsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Profesi Keguruan, 2(2), 89–99.
Sari, M. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.267
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259
Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa. Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830
Susilawati, E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarga. Edutech, 16(3), 288–304.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.