Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang

Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang

Authors

  • Ganjar Setyo Widodo Universitas Islam Malang
  • Layli Hidayah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4189

Keywords:

E- Learning, Profesi Keguruan, Penelitian pengembangan, Profesi Keguruan Course, Development Research

Abstract

Abstract: This study aims to develop E-Learning of “Mata Kuliah Profesi Keguruan†to be Blended Learning subjects. The method used in this research is the development research method using the ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) model. Based on the results of the study, it can be concluded that e-learning of “Mata Kuliah Profesi Keguruan†has met the validity criteria with a value of 97.093% from expert validators. The product trial results with students obtained a positive response that is equal to 90% with the criteria of "very good".

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning pada Mata kuliah Profesi Keguruan  menjadi mata kuliah  Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-learning mata kuliah Profesi Keguruan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai 97,093% dari validator ahli. Hasil uji coba produk dengan mahasiswa diperoleh respon yang positif yaitu sebesar 90% dengan kriteria “sangat baikâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam V, 7(Juli), 855–866.

A. Fathurohman, F. A. H. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang: Universitas Muhammadiyah.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. InvoteK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning.

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan TinggI. Jurnal Tatsqif. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.972

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Vokasional.

Banggur, M. D. V., & Situmorang, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol., 2(2), 152–165.

Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6074

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dwiyogo, W. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP).

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1516

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Bleended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi utuk Mewujudkan Islamic Cyber Campus. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Ismaniati, C., Sungkono, & Wahyuningsih, D. (2015). Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Daya Tarik Dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2), 19–27.

Jamaluddin, A. A., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2018). Pembelajaran Senam Berbasis Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I10.11737

Köse, U. (2010). A blended learning model supported with Web 2.0 technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.417

Muwallidah, M., Sedyati, R. N., & Ani, H. M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X IPS DI SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 140–147. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6461

Noviansyah, N. (2015). Pembelajaran Bauran Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to-Face, E-Learning Offline-Online dan Mobil Learning. At-Turats. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318

Qamar, K., & Riyadi, S. (2018). Efektivitas Blended Learning Menggunakan Aplikasi Telegram. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah.

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan Model Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152.

Riyanto, N. (2016). Pemanfaatan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan MOtivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Tekanan Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojongsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Profesi Keguruan, 2(2), 89–99.

Sari, M. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.267

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa. Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830

Susilawati, E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarga. Edutech, 16(3), 288–304.

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Widodo, G. S., & Hidayah, L. (2020). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Profesi Keguruan Berbasis Moodle Untuk Model Blended Learning Di Universitas Islam Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 114–123. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4189

Issue

Section

Articles
Loading...