Pembelajaran Group Investigation dan Talking Chips untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Pembelajaran Group Investigation dan Talking Chips untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Authors

  • Moh. Farid Anwar Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Kardiana Metha Rozhana Universitas Tribhuwana Tunggadewi

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4325

Keywords:

GI, talking chips, learning activity, learning outcome, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Abstract: Conventional learning models are less effective for use in the 2013 curriculum which emphasizes scientific approaches. Innovative learning models are needed for learning in the 2013 curriculum. One form of innovative learning models is the GI learning model. The purpose of the research is to describe the application of GI learning models and Talking Chips methods to improve student learning outcomes and activities. This type of research is used by CAR, with four steps including planning, treatment and observation, reflection. While the techniques for obtaining data through observation, tests, interviews, and documentation. Learning outcomes cycle 1 gained a score of 84 to 89 and cycle 2 a score of 92 to 96.

Abstrak: Model pembelajaran konvensional kurang efektif untuk digunakan pada kurikulum 2013 yang menekankan pada pendekatan scientific. Model pembelajaran inovatif diperlukan untuk pembelajaran pada kurikulum 2013. Salah satu bentuk model pembelajaran inovatif adalah model pembelajaran GI. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran GI dan metode Talking Chips untuk meningkatkan  hasil dan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan PTK, dengan empat langkah diantaranya planning, treatment and observation, reflection. Sedangkan teknik untuk memperoleh data melalui observasi, tes, wawancara, serta dokumentasi. Hasil belajar siklus 1 memperoleh skor 84 menjadi 89 serta siklus 2 skor 92 menjadi 96.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Hariyanto, Yacob, Asto, B, & Putu, I Gusti. (2015). Pengaruh metode pembelajaran tipe talking chips terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semi konduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Kemdikbud. (2013). Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar (Vol. 2). Jakarta: Direktorat jenderal Pendidikan Dasar RI.

Machin, A. (2012). Pengaruh permainan call cards terhadap hasil belajar dan aktivitas pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2134

Muklas, M. (2017). Talkihips Technique To Teach Speaking. Channing, 2(1), 58-64.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Rozhana, K. M. (2017). Model Problem Based Intruction Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Permasalahan Sosial Di Lingkungan Setempat Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Rozhana, K. M. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Daerah Trenggalek Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3295

Sai, M. (2017). Pengaruh model group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar dan kemampuan digital literasi siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9869

Simanjuntak, Salomo Leonardus, & Siregar, Nurdin. (2014). Pengaruh Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(2).

Suprapti, L. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.3

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips Disertai Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2033

Yanda, A. B. (2013). Pengaruh Peggunaan Teknik Talking Chip Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas Vii Smpn 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Pillar of physics education. https://doi.org/10.24036/497171074

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Anwar, M. F., & Rozhana, K. M. (2020). Pembelajaran Group Investigation dan Talking Chips untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 107–113. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4325

Issue

Section

Articles
Loading...