RESPON IMPLEMENTASI BAHAN AJAR DIGITAL “流利说汉语” [liúlì shuō hànyǔ] PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS X DI SMAN 2 MALANG

RESPON IMPLEMENTASI BAHAN AJAR DIGITAL “流利说汉语” [liúlì shuō hànyǔ] PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS X DI SMAN 2 MALANG

Authors

  • AIGA VENTIVANI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  • Lukluk Ul Muyassaroh Universitas Negeri Malang
  • Octi Rjeky Mardasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6117

Keywords:

Kata kunci: Bahasa Mandarin, bahan ajar digital, SMA kelas X

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon implementasi bahan ajar digital Bahasa Mandarin “æµåˆ©è¯´æ±‰è¯­â€ [liúlì shuÅ hànyÇ”]. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pendukung berupa lembar angket terbuka yang disebar melalui google form. Sumber data penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Mandarin dan siswa SMA kelas X lintas minat SMAN 2 Malang. Data dalam penelitian ini merupakan hasil lembar angket terbuka yang diisi oleh guru pengampu mata pelajaran Bahasa Mandarin dan siswa SMA kelas X. Hasil dari penelitian ini yaitu respon siswa dan guru Bahasa Mandarin terhadap implementasi bahan ajar digital “æµåˆ©è¯´æ±‰è¯­â€ [liúlì shuÅ hànyÇ”]pada pembelajaran Bahasa Mandarin mendapatkan respon positif. Terdapat saran yang diberikan oleh peneliti agar penggunaan bahan ajar digital tersebut dapat digunakan secara maksimal. Bahan ajar tersebut lebih baik digunakan mengunakan jaringan internet agar dapat mengoperasikan video didalamnya, Saran selanjutnya yaitu untuk pengembang selanjutnya agar dapat mengembangkan bahan ajar sejenis yang dapat digunakan secara offline dan materi lainnya yang sesuai dengan Kurikulum yang berlaku.

 

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Alperi, Muzanip .2019. Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik. Vol. 23, No. 2. (Online). (http://118.98.221.148/index.php/jurnalteknodik/article/view/479/431) diakses pada 2 April 2021.

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva sPress

Azis, Hasbi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika. https://www.academia.edu/
Baroroh, Mashnuatul. 2013. Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima Melalui Media Berbasis Ict Kelas Iv Mi Maarif Pademonegoro Sidoarjo. Skripsi. (Online), (http://digilib.uinsby.ac.id/10907/) diakses pada 1 Maret 2021

Chaplin, J. P. (2011). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Barsowi dan Suwandi, 2008)

Darmawan D. dan Bariyah SH. 2015. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK.Jurnal Teknodik, Edisi Tahun 2015,227-240. (Online), (https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/129) diakses pada 2 April 2021

Erviana, Nena. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Pelajaran Pemrograman Web Bermuatan Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kreatifitas Siswa Kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Haryanti, Sri. 2013. Analisis Kesesuaian Penggunaan Bahan Ajar Bahasa Mandarin Sekolah Menengah Umum dengan Ketetapan Badan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Humaniora, Vol. 4, No. 1. (Online), (https://journal.binus.ac.id/) diakses pada 2 Maret 2021.

Husna, Asmaul. (2018). Respon wali murid terhadap peran muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan. Universitas Riau JOM FISIP 5(1). https://media.neliti.com/media/publications/205007-respon-wali-murid-terhadap-peran-muhamma.pdf, diakses pada tanggal 27 Oktober 2020.

Kemendikbud. 2012. Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Mardasari, Octi Rjeky. 2019. Relevansi Buku Ajar “高级汉语”( Gaoji Hanyu ) Dengan Kurikulum 2013. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nafidah, Rahmatun dan Suratman, Bambang. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbantuan Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 9, No. 1. (Online), (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8764/0) diakses pada 30 April 2021.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

韩明.2012. 东南亚汉语教材使用现状调查研究. 国家教育行政学院学报

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

VENTIVANI, A., Lukluk Ul Muyassaroh, & Octi Rjeky Mardasari. (2021). RESPON IMPLEMENTASI BAHAN AJAR DIGITAL “流利说汉语” [liúlì shuō hànyÇ”] PADA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN KELAS X DI SMAN 2 MALANG. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 8(2), 58–67. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6117
Loading...