Keterkaitan Hukum Perdagangan Internasional Dan Investasi Serta Manfaat Dan Kekurangan Perdagangan Internasional Dan Investasi

Main Article Content

Aflah
Satrio Budi Utomo
Puspa Melati Hasibuan

Abstract

Perdagangan Internasional dan investasi adalah dua konsep penting dalam perekonomian global saat ini, dimana pada era ini segala bentuk kebutuhan manusia mulai berkembang mulai dari kebutuhan premier, sekunder, dan tersier. Perdagangan internasional adalah pertukaran barang dan jasa antara negara-negara yang terikat dalam kesepakatan baik bilateral, multilateran, hingga tingkat konvensi. Sementara investasi memiliki karakteristik yang serupa dengan perdagangan internasional namun dalam bentuk modal, melibatkan aliran modal dari satu negara ke negara lain untuk membeli aset atau saham dalam suatu perusahaan ataupun juga mendirikan suatu perusahaan di negara tempat penanaman modal dilakukan. Perdagangan Internasional memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka dan mengakses sumber daya yang tidak tersedia di negara mereka sendiri. Ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Namun, perdagangan internasional juga dapat menyebabkan persaingan yang ketat dan dapat memengaruhi sektor industri tertentu di negara-negara yang kurang kompetitif. Investasi asing juga dapat memiliki dampak yang signifikan pada perekonomian suatu negara. Investasi asing langsung dapat membantu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, dan mengalirkan teknologi baru ke negara-negara penerima investasi. Namun, investasi asing juga dapat memengaruhi kedaulatan ekonomi negara penerima, terutama jika perusahaan asing memiliki kontrol yang signifikan atas sumber daya dan infrastruktur kunci di negara tersebut. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisa hubungan, pengaturan, serta manfaat dan dampak negatif dari perdagangan Internasional dan Investasi demi menjaga kestabilan dalam bidang ekonomi serta politik, kepentingan nasional dan global serta dengan mengadopsi kebijakan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan melindungi kepentingan nasional dalam jangka panjang.

Article Details

How to Cite
Aflah, Budi Utomo, S., & Hasibuan, P. M. (2023). Keterkaitan Hukum Perdagangan Internasional Dan Investasi Serta Manfaat Dan Kekurangan Perdagangan Internasional Dan Investasi. Jurnal Panorama Hukum, 8(1), 58–70. https://doi.org/10.21067/jph.v8i1.8353
Section
Articles

References

Adolf, H. (2006). Hukum perdagangan internasional. PT Raja Grafindo Persada.

Andani, D. (2020). Tinjauan Hukum Investasi Dampak Judicial Review Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal.

Dhini, C., Maharani, N., & Amarulloh, R. (2016). Harmonisasi Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Dengan Convention on Contracts for the International Sales of Goods dan United Nation Commission on International Trade Law Terhadap Kontrak Dagang Internasional. Privat Law, 3(2), 163537.

Hasyim, F. (2023). Hukum dagang. Sinar Grafika

Kambono, H., & Marpaung, E. I. (2020). Pengaruh investasi asing dan investasi dalam negeri terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Akuntansi, 12(1), 137-145

M Shidqon Prabowo, S., & Pujiono, P. (2020). Hukum Dagang Internasional

Primadhany, E. F., & S HI, M. H. (2020). Hukum Dagang Internasional. Penerbit Lakeisha.

Rahmah, M. (2020). Hukum Investasi.

Rakhimsyah, L. A., & Gunawan, B. (2011). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen dan tingkat suku bunga terhadap nilai perusahaan. InFestasi, 7(1), 31-45.

Sari, M., Syechalad, M. N., & Majid, S. A. (2016). Pengaruh investasi, tenaga kerja dan pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, 3(2), 109-115

Sembiring, S. (2010). Hukum investasi pembahasan dilengkapi dengan UU No. 25 tahun 2007 tentang penanaman modal. Nuansa Aulia.

Sidabalok, J. (2020). Hukum Perdagangan (Perdagangan Nasional dan Perdagangan Internasional). Yayasan Kita Menulis.

Silvia, E. D., Wardi, Y., & Aimon, H. (2013). Analisis pertumbuhan ekonomi, investasi, dan inflasi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(2).

Yustisia, T. V. (2014). KUHD: Kitab Undang-undang Hukum Dagang. VisiMedia