PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFISIENKAN BIAYA PERSEDIAAN PADA UMKM KUE NIKMAT RASA

Authors

  • M Eko Wahyudi
  • Anwar Made
  • Doni Wirshandono Yogivaria

Keywords:

Economic Order Quantity (EOQ), Frekuensi Pembelian, Safety Stock (SS), Reorder Point (ROP), Total Inventory Cost (TIC).

Abstract

Persediaan bahan baku yang cukup dapat memperlancar proses produksi serta barang jadi yang dihasilkan harus dapat menjadi efektifitas dalam kegiatan pemasaran. Tujuan dari pengendalian itu sendiri yaitu untuk menekan biaya-biaya operasional seminimal mungkin sehingga akan mengoptimalisasikan kinerja perusahaan. Dengan inilah perusahaan dapat mengefisienkan biaya persediaan, dimana antara persediaan dan barang yang dihasilkan sesuai dengan permintaan konsumen, agar tidak terjadi kelebihan dan kekurangan bahan baku dalam proses produksi.

Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui metode yang digunakan perusahaan agar biaya persediaan lebih optimal dan untuk mengetahui pengendalian bahan baku yang dilakukan perusahaan untuk menghindari kelebihan dan kekurangan bahan baku tersebut yaitu persediaan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode diskriptif yang diperoleh dari alat analisis data yaitu Economic Order Quantity (EOQ), Frekuensi Pembelian, Perseediaan Pengaman (Safety Stock), Pemesanan Kembali (Reorder Point), Total Biaya Persediaan (TIC). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara.

Hasil Penelitian didapatkan persediaan optimal semua bahan baku menggunakan metode EOQ sebesar 8021kg dengan frekuensi pembelian sebanyak 6 kali, safety stock sebesar 85kg dan ROP sebesar 167.3kg dan TIC Rp 2.032.350,00.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

Wahyudi, M. E., Made, A., & Yogivaria, D. W. (2016). PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFISIENKAN BIAYA PERSEDIAAN PADA UMKM KUE NIKMAT RASA. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1367

Issue

Section

Articles