Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Malang)

Authors

  • Abdus Somad
  • Anwar Made
  • Doni Wirshandono Yogivaria

Keywords:

Laporan keuangan, aksesibilitas, akuntabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penyajian laporan keuangan daerah dan aksesibilitas laporan keuangan untuk akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang, penelitian ini dilakukan mulai tanggal 16 Mei Sampai 26 Mei 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling; sampel ini kemudian ditentukan oleh 65 pegawai dari SKPD. Untuk penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat program statistik, setelah uji asumsi klasik terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas wilayah pelaporan keuangan parsial atau bersama-sama positif berpengaruh pada akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

Somad, A., Made, A., & Yogivaria, D. W. (2016). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1370

Issue

Section

Articles