Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SD: Brain Based Learning (BBL) dan Problem Based Learning (PBL)

Main Article Content

Farida Nur Kumala
Karvita Firdayani
Muhammad Nur Hudha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran BBL dan PBL. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD sejumlah 56 siswa dengan instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dengan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran BBL lebih tinggi daripada yang menggunakan model PBL ditunjukkan dengan nilai rata rata 83 untuk model pembelajaran BBL dan 69 untuk moddel pembelajaran PBL ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel (5,139>2,003) dan taraf signifikasi 0,000 yang nilainya lebih besar dari 0,05 (0,000<0,05) (sig 0,05). BBL menyediakan pembelajaran yang membuat lebih rileks yang dipadukan dengan kegiatan pembelajaran berbasis masalah, ketika pembelajaran dilakukan secara rileks, penuh arti dan secara aktif  maka otak akan bekerja lebih optimal sehingga siswa merasa lebih nyaman dan termotivasi di kelas.

Article Details

How to Cite
Kumala, F. N., Firdayani, K., & Hudha, M. N. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa SD: Brain Based Learning (BBL) dan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 53–59. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2641
Section
Articles

References

Alrahlah, A. (2016). How Effective The Problem-Based Learning (Pbl) In Dental Education. A critical review. The Saudi Dental Journal (2016) 28, 155–161

Aziz, M. S., Zain, A. N., Samsudin, M. A. B., Saleh.S.B. 2014 . The Effects of Problem-Based Learning on Self-Directed Learning Skills among Physics Undergraduates. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 3 (1) (online

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2011). Critical thinking: A student's introduction (4th ed.). New York, NY: McGraw Hill.

Devi, P. 2016. Brain Based Learning a New Instructional Approach. 5(2), (online).(http://www.worldwidejournals.com)

Fajriati, I. S. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biotek 5 (1), (online). (http://journal.uin.alaudin.ac.id)

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (1998). Critical Thinking And Learning Processes For Students In Two Major Fields. Journal of Instructional Psychology, 25(4), 256e261.

Haghighi, M. (2013). The Effect Of Brain- Based Learning On Iranian Efl Learner’s Achievement And Retention. Procedia - Social and Behavioral Sciences 70 ( 2013 ) 508 – 516

Halpern, D. F. (1993). Assessing The Effectiveness Of Critical Thinking Instruction. The Journal of General Education, 42(4), 239e254.

Hidayah, L. 2015. Efektifitas Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan Pendekatan Saintifik Berbantu Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (Online)(http://eprints.walisongo.ac.id)

Jensen, E. (2011). Pemelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Indeks.

Khairuntika. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. 339 (49), (online). (http://www.scribd.com.)

Mat, S. (2012). Model Of Problem-Based Learning Using Systems Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences 60 ( 2012 ) 541 – 545.

McMillan, J. H. (1987). Enhancing College Student's Critical Thinking: A Review Of Studies. Research in Higher Education, 26(1), 3e29.

Murti, B. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Turi . E-journal pendidikan IPA 1 (1) (htttp://journal.student.uny.ac.id)

Mustiada, I. G. A. M., Agung, A. A. G., Antari, N. N. M. 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Pengaruh Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA. (online) (http://ejournal.undiksa.ac.id)

Ngalimun. 2017. Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pieterse, T. Et.al (2016). Critical Thinking Ability Of 3rd Year Radiography. he alth s a ge sondheid 2 1 ( 2 0 1 6 ) 381 - 390.

Sapa’at. 2009. “Brain Based Learningâ€, http://matematika. upi. Edu / index.php/brainbased –learning.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suprijono, A. 2016. Model-model pembelajaran Emansipatoris.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supriyono, (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivis Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Fisika II (Tkf II) untuk Mahasiswa Kelas Internasional Di Jurusan Fisika UNESA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, 31-40.

Vong, S.A dan Kaewurai, W.(2017). Instructional Model Development To Enhance Critical Thinking And Critical Thinking Teaching Ability Of Trainee Students At Regional Teaching Training Center In Takeo Province, Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences 38 (2017) 88e95.

Wulandari, A. D. 2014. Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Chemistry In Education 3 (1). (online) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Yagcioglu, O. 2014. The Advantages Of Brain Based Learning In Elt Classes. Procedia - Social and Behavioral Sciences 152 ( 2014 ) 258 – 262

Yew, E.H.J and Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health ProfessionsEducation2(2016)75–79

Zivkovic, S. (2016). A Model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences 232 ( 2016 ) 102 – 108.