Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang

Main Article Content

Nury Yuniasih
Ririn Nur Aini
Retno Widowati

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin mempengaruhi tingkah laku manusia, mulai dari cara berkomunikasi hingga cara mengajar di kelas. Realitanya masih banyak guru yang kesulitan menggunakan teknologi, menjadikan pembelajaran kurang dapat mengkonkretkan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan media interaktif berasis Ispring, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media interaktif berbasis Ispring, 3) mendeskripsikan kepraktisan media interaktif berbasis Ispring. Metode yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE dengan empat tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Ciptomulyo 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif layak untuk digunakan. Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 85%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase 94%. Penilaian oleh calon pengguna mendapatkan presentase 93%. Penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan presentase 93%. Berdasarkan paparan hasil penilaian tersebut, media interaktif “Layak†atau “Sangat Baik†untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647
Section
Articles

References

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran Panduan untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2015. Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama

Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak Dua

Hernawati, Kuswati. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Modul (online), (http:/stafnew.uny.ac.id/uploud/132309677/pengabdian/modul-ispring-presenter.pdf)

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press

Maulani Putri, Wenggita. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 3-5. (http:/www.researchgate.net)

Prastowo, andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rizema Putra, Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press

Ramansyah, Wanda. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada Kelas 1 SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 4-9. (http:/download.portugalgaruda.org)

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suyanto, dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Guru di era Global. Jakarta: Erlangga

Widoyoko. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Puataka Pelajar

Winarno. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media

Yulia Rahmah, Devi. 2017. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Loloan Timur Jembrana Bali. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.