Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin mempengaruhi tingkah laku manusia, mulai dari cara berkomunikasi hingga cara mengajar di kelas. Realitanya masih banyak guru yang kesulitan menggunakan teknologi, menjadikan pembelajaran kurang dapat mengkonkretkan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan media interaktif berasis Ispring, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media interaktif berbasis Ispring, 3) mendeskripsikan kepraktisan media interaktif berbasis Ispring. Metode yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE dengan empat tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Ciptomulyo 3. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif layak untuk digunakan. Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase 85%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase 94%. Penilaian oleh calon pengguna mendapatkan presentase 93%. Penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas mendapatkan presentase 93%. Berdasarkan paparan hasil penilaian tersebut, media interaktif “Layak†atau “Sangat Baik†untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran Panduan untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2015. Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama
Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak Dua
Hernawati, Kuswati. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Modul (online), (http:/stafnew.uny.ac.id/uploud/132309677/pengabdian/modul-ispring-presenter.pdf)
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Press
Maulani Putri, Wenggita. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 3-5. (http:/www.researchgate.net)
Prastowo, andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rizema Putra, Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
Ramansyah, Wanda. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada Kelas 1 SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 4-9. (http:/download.portugalgaruda.org)
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Suyanto, dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Guru di era Global. Jakarta: Erlangga
Widoyoko. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Puataka Pelajar
Winarno. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media
Yulia Rahmah, Devi. 2017. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Loloan Timur Jembrana Bali. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.