Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dengan Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Quellmalz

Main Article Content

Aning Wida Yanti
Mu’arrifati Qodriyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Quellmalz dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan desaian studi kasus.  Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan tes Eysenck Personality Inventory (EPI) untuk menentukan dua siswa bertipe kepribadian extrovert dan dua siswa berkepribadian introvert kelas IX G MTsN 7 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tes.  Analisis data dilakukan melalui tahapan  reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkepribadian ekstrovert dan   introvert dalam menyelesaikan masalah matematika belum memenuhi kelima  kategori keterampilan berpikir Quellmalz. Siswa yang berkepribadian ekstrovert memenuhi dua kategori, yaitu mengingat dan analisis. Sedangkan siswa yang berkepribadian introvert memenuhi tiga kategori, yaitu mengingat, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hal ini berarti dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kerangka kerja  Quellmalz siswa yang berkepribadian introvert  lebih baik daripada siswa yang berkepribadian ekstrovert.  

Article Details

How to Cite
Wida Yanti, A., & Qodriyyah, M. . (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dengan Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Quellmalz. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(2), 81–89. https://doi.org/10.21067/jip.v11i2.5924
Section
Articles

References

Abu-Hamdan, T., & Khader, F. (2014). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. Journal of Education and Practice, 5(29), 44–50. https://doi.org/10.5176/2251-1814_eel14.59
Alacaci, C., & Dogruel, M. (2012). Solving A Stability Problem By Polya’s Four Steps. International Journal of Electronics, Mechanical and Mechatronics Engineering, 1(1), 1–29.
Amalia, D., & Husna, N. (2019). Introvert Learners’ Need Analysis of English-Speaking Activity. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 6(2), 91–108. https://doi.org/10.15408/ijee.v6i2.15466
Amelia, R., & Ismail. (2020). Pemahaman Konsep Segiempat Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert dan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 230–240. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p231-240
Arini, Z., & Rosyidi, A. H. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. MATHEdunesa, 5(2), 127–136.
Baharuddin. (2017). Psikologi Pendidikan : Refleksi Teoritis terhadap Fenomena. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Bahrudin, E. R. (2019). Profil Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 168–178. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.6408
De Goma, I. A., & Moneva, J. C. (2020). Introvert – Extrovert Personality Types and Self-confidence- A Case Study from Philippines. IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies, 16(1), 68–75. https://doi.org/10.21013/jems.v16.n1.p10
Depdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tahun 2016 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Erita, S. (2013). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 1(1).
Gonzales, R. (1984). Examining The Techniques Of Assessment, Types And Taxonomy Of Measures Of Thinking Skill In University Social Sciences Courses. De La Salle University.
Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 23–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.749
Hasanah, N. M., & Sutrima. (2013). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Estrovert-Introvert dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 422–434.
Jung, C. (2016). Psychologische Typen. In Taylor & Francis. https://doi.org/10.1097/00005053-194003000-00050
Jung, C. G., Limburg, R. van, & Hamaker-Zondag, K. M. (2003). Jung, C G: Psychologische Typen. In Lemniscaat. https://doi.org/10.1007/978-3-476-05728-0_9212-1
Klein, E. (2016). Developing Minds: Psychology, Neoliberalism and Power. In Abingdon: Routledge. Abingdon: Routledge: https://doi.org/10.4324/9781315623511
Kristiyani, & Mita, Y. (2009). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert Dengan Orientasi Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Pada Distributor Multi Level Marketing Tianshi. Universitas Sanata Dharma.
Lee Ming Foong, Rio Sumarni Shariffudin, & Nora Mislan. (2012). Pattern and relationship between multiple intelligences, personality traits and critical thinking skills among high achievers in Malaysia. 3rd International Conference on E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 27, 205–209.
Loehken, S. (2014). Quiet Impact: How to be a successful Introvert. US: McGraw-Hill.
Moseley, D., Baumfield, V., Higgins, S., Lin, M., Miller, J., Newton, D., Robson, S., Elliott, J., & Gregson, M. (2004). Thinking skill frameworks for post-16 learners: an evaluation A research report for the Learning and Skills Research Centre. In Learning & Skills Development Agency.
Polya, G., & Conway, J. H. (2015). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Princeton Science Library). New Jersey : Princeton University Press.
Pratiwi, M. N., & Suparman. (2019). Mathematical module design to improve creative thinking skills based on problem-based learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 3761–3765.
Rahmawati, W. R., & Sugiarto, A. (2020). The effect of problem solving - Focused coping skill towards stressed nurses with extrovert and introvert personality. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), 2534–2543. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I3/PR201899
Stiggins, R. J., & Conklin, N. F. (1992). In Teachers’ Hands: Investigating the Practices of Classroom Assessment. New York : SUNY Press.
Widiani, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(1), 30–49. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i1.64
Yuwono, A. (2016). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 143–156.
Zulyanty, M., Yuwono, I., & Muksar, M. (2017). Metakognisi Siswa Dengan Gaya Belajar Introvert Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 64–71.