PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KELAS VII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Article Content

Isnaeni Qowiyah
Lilik Kustiani
Agus Priyono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui  (1) Prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VIIA SMP Islam Ma’arif 02 Malang tahun pelajaran 2015/2016 dengan model pembelajaran Make A Match; (2)  Prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VIIB SMP Islam Ma’arif 02 Malang tahun pelajaran 2015/2016 dengan model pembelajaran Examples Non Examples; (3) Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SMP Islam Ma’arif 02 Malang tahun pelajaran 2015/2016 antara kelas dengan model pembelajaran Make A Match dan kelas dengan  model pembelajaran menggunakan Examples Non Examples.

.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas VII yang terdiri dari 2 kelas. Penentuan kelas eksperimen dan kelas control dilakukan secara random dengan cara diundi. Sehingga ditentukan bahwa kelas eksperimen yakni kelas VIIA dan kelas kontrol yakni kelas VIIB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data prestasi belajar berupa posttest tertulis yang berbentuk soal pilihan ganda.

Persyaratan dalam eksperimen adalah adanya kelompok lain yang tidak dikenal eksperimen dan ikut mendapatkan pengamatan. Dengan adanya kelompok lain yang disebut kelompok perbanding atau kelompok kontrol ini akibat yang diperoleh dari perlakuan dapat diketahui secara pasti karena dibandingkan dengan yang tidak mendapat perlakuan. Di SMP Islam Ma’arif 02 Malang Model pembelajarn Examples Non Examples sering digunakan sebagai model pembelajaran maka dari itu Model Make A Match digunakan sebagai eksperimen.

Hasil penelitian melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%,menunjukkan bahwa nilai signifikasi (sig. 2-tailed) yakni 0,000 <0,05maka Ho ditolak, ini berarti terdapat Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SMP Islam Ma’arif 02 Malang tahun pelajaran 2015/2016 antara kelas dengan model pembelajaran Make A Match dan kelas dengan  model pembelajaran menggunakan Examples Non Examples.

Article Details

How to Cite
Qowiyah, I., Kustiani, L., & Priyono, A. (2016). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KELAS VII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1332
Section
Articles