Motivasi Berprestasi: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri

Main Article Content

Podensiana Bangung
Lilik Sri Hariani
Walipah Walipah

Abstract

Motivasi berprestasi didorong oleh keinginan individu untuk melakukan sesuatu yang berharga atau penting demi tercapainya suatu target yang telah ditetapkannya. Motivasi berprestasi juga dapat dikatakan sebagai keinginan yang dimiliki seseorang untuk mengatasi hambatan atau mencari solusi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan penuh tanggung jawab dan ketelitian berdasarkan standart yang ditetapkan oleh dirinya sendiri untuk mencapai suatu kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjutuhan Malang baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini termasuk penelitian ex-post-facto menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang dengan jumlah 87 respinden. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua anggita populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara variabel  konsep diri, kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa pendidikan ekonomi UniversitasKanjuruhan Malang.

Article Details

How to Cite
Bangung, P., Hariani, L. S., & Walipah, W. (2020). Motivasi Berprestasi: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4340
Section
Articles

References

Djaali, H. Prof. Dr. (2013). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksar.

Feist, Jess, &Feist, J Gregory. 2011. Teori kepribadian (Theories of personality). Jakarta Selemba Humanika

Gufron, M. 2011. Teori -Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Goleman, Daniel. (2012). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan.Jakarta:

Erlangga.

McClelland, D. C. (2010).The Achieving Sosiety. Princeton, New Jersi:Martino Publishing.

Musbikin, Imam. 2013. Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja. pekanbaru: Zanafa Publishing.

Makmum Khairani. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Rakhmat, Jalaludin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Laura A.King. 2012. Psikologi Umum. Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta:

Salemba Humanika

Fu, Junqing. (2011). The Relationships Among Self-Efficacy, Achievement Motivation, and Work

Values For Regular Four-Year University Students and Community College Students in

China. Disertasi

Manafi, D., Mohammadi, S. H., & Hejazi, S, Y. (2015) Factor Analysis Of Student’s Achievement

Motivation Variabels (Case Study: Agricultural Ms. C Student In Tehran University).

Internasional Journal Of Advanced Biological And Biomedical Research 134-138

Putri, F, A, Monika, S., & Ninawati, (2016) Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada

Mahasiswa Akselerasi Dan Reguler. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan.

V. Teguh Suharto. 2011. Perbedaan Keefektifan Model pembelajaran Experiential

Learning, Sinektik, dan Pengajaran Langsung dalam Pembelajaran

Apresiasi Prosa Fiksi Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa. Eksperimen pada Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur, 17 (2):130-157.

Viktor, G.T. 2011. Parenting Styles on Children’s Self-Concept and Academic Performance In Adama

wa State. Thesis. Zaria: Faculty of Education. Ahmadu Bello University, Nigeria