Efek kepemilikan institusional, kinerja perusahaan, kualitas audit terhadap luas pengungkapan CSR perusahaan pertambangan

Main Article Content

Bagus Setyawan
Gaguk Apriyanto
Achmad Firdiansjah

Abstract

Jenis dari penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini meneliti hubungan yang bersifat sebab akibat. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif karena mengacu pada perhitungan berupa angka. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dari laporan tahunan, laporan keuangan, dan laporan keberlanjutan yang disajikan perusahaan pada tahun 2017-2018 yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sesuai dengan kriteria yang digunakan dalam purposive sampling yang terdaftar selama tahun yang diteliti. Berdasarkan hasil yang didapatkan dengan menggunakan analisis kuantitatif, maka Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata tata kepemilikan instistusional sebesar 55,92%. Hal ini menunjukkan bahwa kepemilikan instisuional sudah cukup efektif dalam memonitor aktivitas manajemen. Kinerja perusahaan yang diproksikan dengan ROA, memiliki rata-rata sebesar 5,91%. Hal ini menunjukkan bahwa  perusahaan mampu menghasilkan keuntungan pada pada tahun 2017 dan 2018. Kualitas audit memiliki rata-rata sebesar 0,25, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan diaudit bukan dari KAP Big 4. Pengungkapan (corporate social resposibility) CSR sebesar 71,35%, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengeluarkan biaya untuk kegiatan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Article Details

How to Cite
Setyawan, B., Apriyanto, G. ., & Firdiansjah, A. . (2020). Efek kepemilikan institusional, kinerja perusahaan, kualitas audit terhadap luas pengungkapan CSR perusahaan pertambangan . Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4685
Section
Articles

References

Agoes, & S. (2011) Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat.

Artha, H. dan D. (2014) ‘Pengaruh Keahlian Audit, Konflik Peran dan Kompleksitas Tugas terhadap Audit Judgment (Studi Kasus pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Bangli)’, 2 Nomor 1.

Arum, Afrizal, & R. (2011) Pengaruh Kepemilikan Manajemen serta Kepemilikan Institusional, Profitabilitas dan Kinerja LIngkungan (Enviromental Performance) terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Periode 2015-2017. Tesis Universitas Jambi.

Chariri, A., & Ghozali, I. (2007) Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Edison, Emron, D. (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia. 1st edn. Bandung: Alfabeta.

Hapsoro, D. (2012) ‘Pengaruh corporate governance dan kualitas audit terhadap pengungkapan corporate social responsibility’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen.

Harmono (2016) Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartana, I. B. P. R., & Putra, N. W. A. (2017) ‘Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi’, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(3), pp. 1903–1932.

Hasbullah, Erni Sulindawati, N. G., & Herawati, N. T. (2014) ‘Pengaruh keahlian audit, kompleksitas tugas, dan etika profesi terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilaksanakan di Inspektorat Pemerintah Kota Denpasar dan Inspektorat Pemerintah Kabupaten Gianyar’, Jurnal Akuntansi, pp. 1–14.

jamil, erinos, & afriyanti (2019) ‘Pengaruh kepemilikan institutional terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel moderasi studi empiris pada perusahaan property dan real estate tahun 2015-2017’, Jurnal Eksplorasi Akuntansi.

Jensen, & M. (1976) ‘The Teory of The Firm: Manajerial Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure’, Journal of Financial and Economics.

Jones, G., & B. (2013) ‘Local Council Governance and Audit Committees The Missing Link’, Journal of New Business Ideas and Trends, pp. 58–66.

Kodrat, Sukardi, D., & Indonanjaya, K. (2010) Manajemen Investasi. Yogyakarta: Ghalia Ilmu.

Lennox, C. (2002) Opinion Shopping and Audit Committees. Available at: www.google.com.

Moeheriono (2012) Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nilasari (2013) ‘Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, dan Size terhadap CSR Disclosure Perusahaan Tambang (Mining Sector) yang melakukan Listing di Bursa Efek Indonesia’, Akuntansi, pp. 1–20.

Pradnyana, K. D., & Putra, I. P. (2018) ‘Moderasi Corporate Social Responsibility Pada Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur’, E-Jurnal Akuntansi, 24 nomor 1.

Rimba, K. (2010) Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Universitas Diponegoro.

Sayekti, Yosefa, Wondabio, & L. (2007) Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient: Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Jakarta.

Simanjuntak, & P. (2008) Pengaruh Time Budget Pressure dan Resiko Kesalahan. Universitas Diponegoro.

Solihin, & I. (2009) Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sucipto (2003) ‘Penilaian Kinerja Keuangan’, Jurnal akuntansi.