Model pembelajaran two stay two stray, disiplin belajar dan kesiapan belajar : pengaruh terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS

Main Article Content

Ika Meliana
Lilik Sri Hariani
Affan Afian

Abstract

Motivasi Belajar Ekonomi merupakan salah satu aspek yang dapat mendorong siswa untuk tertarik pada mata pelajaran Ekonomi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Motivasi Belajar Ekonomi diantaranya; Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Disiplin Belajar dan Kesiapan Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Disiplin Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang. (2) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. (4) Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode statistik penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 5 Malang sebesar 78 siswa, tehnik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh sejumlah 78 siswa. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regeresi linear berganda, untuk uji prasyarat/asumsi klasik terbagi menjadi 4 yaitu uji normalitas, uji multikoliniaritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi. Hasil pada penelitian ini berdasarkan uji hipotesis menggunakan analisis regeresi linear berganda secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Secara parsial model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi, Disiplin Belajar berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi, Kesiapan Belajar berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Ekonomi.

Article Details

How to Cite
Meliana, I., Hariani, L. S. ., & Afian, A. . (2021). Model pembelajaran two stay two stray, disiplin belajar dan kesiapan belajar : pengaruh terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 68–77. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.4817
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsami. 2015. Penelitian Tindakan Kelas edisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Faturochman Rudy. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin, dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif.

Fitri Hasmaynelis. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Sma Dian Andalas – Padang.

Habibi Ziad. 2014. Pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tehnik Ektronika dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.

Jannah, Nur Ita. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi di SMA Negeri 8 Malang.

Lutviani Luluk, Suryani Nanik. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA. NU Raudlatulmuallimin Wedung.

Mayasari Dian. 2013. Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan komunikasi matematis dan motivasi siswa.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Rachmawati Yuni, Ernawati Tyas. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.

Rahmawati Rima. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiani Evi. 2015. Pengaruh model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

S. Moenir. 2010. Masalah-masalah dalam belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryani Nanik. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA . NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG.

Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya.

Yogi Evinta. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Interaksi Edukatif Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Ekonomi.

Yulianti, Rina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Pendekatan Brain-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Pada Siswa Kelas X SMAN 1 KEDIRI.

Yulikasari Rizkia, Pramusinto Hengky. 2016. Pengaruh Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan.