Media pembelajaran video produk kreatif dalam pembuatan softcase laptop produk kreatif di era pandemi covid-19

Main Article Content

Yayuk Dwi Astuti
Nik Haryanti

Abstract

ABSTRAK: Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan-keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Berkenaan dengan penyebaran Coronavirus Disease (covid 19) yang semakin meningkat maka kesehatan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mengenai media pembelajaran secara daring. Dengan demikian, siswa harus punya pendamping belajar, hal ini terjadi karena nilai KKM siswa di sekolah minim. Terutama masalah pelajaran kewirausahaan siswa sebagian belum ada keinginan untuk berwirausaha. Dengan wujud media video tutorial ini dapat tumbuh imajinasi kreatifitas dari setiap siswa terkait wirausaha produk kreatif.  Salah satu media yang dapat dimanfaatkan peserta didik untuk belajar mandiri adalah menggunakan media video produk kreatif wadah laptop. Penggunaan video   sebagai media belajar dapat membuat peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif. Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga memiliki banyak waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain.

Article Details

How to Cite
Astuti , Y. . D. . ., & Haryanti, N. . (2021). Media pembelajaran video produk kreatif dalam pembuatan softcase laptop produk kreatif di era pandemi covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 60–67. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5332
Section
Articles

References

Abdurrahman, S. dan. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, B. (2008). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018). Kreatifitas dan inovasi produk industri kreatif. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, (September), 61–70.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586

Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.

Ekawati, N., Wahyuningsih, D., & Fisika, P. (2012). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi, 148–158.

Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 7 Jember ( Studi Kasus Pada Kelas Xii Program Keahlian Multimedia Semester Gasal Tahun Ajaran 2019 / 2020 ). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14, 357–360. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522

Mawarni, G. A., Sukirwan, S., & V. Y, I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Smart Geometryberbasis Ekspedisi Budaya Bantenpada Siswa Kelas V a Di Sdn Cogreg 1 Tangerang Banten. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 28–41. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2929

Mulyadi, Febry Fahreza, dan R. J. (2018). Jurnal Visipena Volume 9, Nomor 1, Juni 2018I 31penggunaanmedia Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Langung. Jurnal Visipena, 151(2), 10–17.

Nasution, A. H. (2007). Entrepreneurship, Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurul Azmi, B. S. dan E. M. (2010). Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Pada Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah Limbung, 8719(2006), 1–10.

Rianto, D., Suyadi, B., & Kartini, T. (2018). Perilaku Kreatif Dan Inovatif Petani Dalam Usaha Budidaya Buah Belimbing Di Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 105. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7594

Rintan Saragih. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewiraushaan, 3(2), 50–58.

Sa’diyah, R. (2017). pentingnya melatih kemandirian anak. KORDINAT, XVI(1), 31–46.

Suharyono. (2017). Sikap dan Perilku Wirausahawan. Ilmu dan Budaya, 40(56), 6551–6586.

Suherman, E. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan. jakarta: Salemba Empat.

Wibowo, D. P. dan A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiratno, S. (2012). The implemtation of enterpreneurship education in the higher education. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 453–466.