Rancang Bangun Smart Digital Mobile Stethoscope Berbasis Pada Sistem Mobile Device

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto

Abstract

Abstrak–-Auskultasi merupakan metode yang dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosa penyakit jantung dengan cara mendengarkan suara jantung melalui alat yang disebut dengan stetoskop. Beberapa pola dalam suara jantung dapat mengindikasikan penyakit diderita oleh pasien. Namun permasalahan dapat terjadi disebabkan suara jantung memiliki frekuensi yang cukup rendah berkisar 20 sampai dengan 400 siklus per detik, tingkat kekerasan bunyi yang rendah, faktor kebisingan dari lingkungan sekitar saat diagnosa, kemiripan pola dari beberapa suara jantung dan tingkat kepekaan telinga. Berdasarkan beberapa faktor tersebut, diagnosa yang tidak tepat dapat terjadi akibat auskultasi tidak dilakukan secara baik dan benar. Penelitian yang dilakukan diwujudkan untuk mengatasi permasalahan di atas dengan cara merangcang bangun smart digital stethoscope berbasis mobile device. Data yang diambil berupa pola rekaman suara jantung yang didapatkan dari beberapa sumber dan dilakukan pengenalan pola dengan metode jaringan syaraf tiruan (JST) backpropagation.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengenalan pola dapat dilakukan melalui metode backprogation dengan tingkat kesalahan kurang dari 1e-6 dengan masukan 15 pola suara jantung yang terbagi menjadi 3 tipe status jantung. Tingkat kebenaran dari pengujian JST mencapai 97.5% dari masukan suara ke dalam sistem

References

[1] Y.-H. e. a. Chen, "Robut Heart Rate Measurement with Phonocardiogram by On-line Template Extraction and Matching," NTUT, Taiwan, 2011.
[2] Singhhealth, "Arrhythmia Abnormal Heart Rhythm," 20 11 2014. [Online]. Available: www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas-Referral/bh/Conditions/Pages/ Arrhythmia-Abnormal-Heart-Rhythm.aspx.
[3] Wikipedia, "Ardroid," 20 11 2014. [Online]. Available: id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi).
[4] S. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2003.
[5] H. Sitinjak, "Simulasi pengenalan Kelainan Jantung dengan Menggunakan Metode Jaringan Syarat Tiruan," Fakultas Teknik Univesitas Indonesia. , 2008.
[6] B. Erickson, Bunyi Jantung & Murmur: dari Bayi Hingga Dewasa (Terjemahan), Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2008.
[7] Tilkian, Ara G. ; Conover, Mary Boudreau, Memahami Bunyi dan Bising Jantung: dalam Praktik Sehari-hari (Terjemahan), Tangerang: Binarupa Aksara Publisher, 2005.
[8] M. J. Saptadi and dkk, "Deteksi Kelainan Jantung Melalui Phonocardiogram (PCG) Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Adaptive Resonance Theory 2," STTELKOM Bandung, 2009.

Authors

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto
m.priyono.ts@unikama.ac.id (Primary Contact)
Author Biography

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto, Universitas Kanjuruhan Malang

Program Studi Teknik Informatika
[1]
M. P. T. Sulistyanto, “Rancang Bangun Smart Digital Mobile Stethoscope Berbasis Pada Sistem Mobile Device”, SMARTICS, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, Apr. 2016.

Article Details

Most read articles by the same author(s)