Monitoring dan Kendali Peralatan Elektronik Menggunakan Logika Fuzzy Melalui Website Dengan Protokol HTTP

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto, Kadwi Suharsono, Danang Aditya Nugraha

Abstract

Abstrak–- Smart Home atau Home Automation yang dewasa ini terus dikembangkan di seluruh dunia merupakan konsep rumah yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi internet sehingga pemilik rumah dapat memonitor aktivitas di dalam nya dari luar dan melakukan pengendalian otomatis terhadap peralatan-peralatan elektronik yang terdapat di rumah. Kehadiran IoT (Internet of Things) yang membuat peralatan elektronik dapat saling berbagi informasi elektronik melalui jaringan internet menggunakan protokol HTTP. Penelitian ini membangun prototipe monitoring dan  pengontrolan peralatan elektronik menggunakan logika fuzzy dilengkapi dengan monitoring status peralatan melalui website. Input dari sensor LDR dan waktu diproses dalam mesin fuzzy untuk mengatur lampu, sedang input dari sensor kelembaban dan suhu diproses untuk mengatur aktuator berupa kipas angin. Prototipe yang dibuat menggunakan modul eletronik Arduino sebagai pengendali peralatan elektronik yang berisi fuzzy logic inference serta dan ditampilkan pada web server untuk memonitor status peralatan yang dikirim dari Arduino.

References

[1] Technopedia. (2015). Internet of Things IoT. Retrieved Februari 30, 2015, from Technopedia: https://www.techopedia.com/definition/28247/internet-of-things-iot.
[2] Dennis, A. K. (2013). Raspberry Pi Home Automation with Arduino. Birmingham: Packt Publishing Ltd.
[3] Sulistyanto, M. P. T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., & Asrori, W. (2015). Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang. SMARTICS Journal, 1(1)
[4] Shah, K., Gajjar, D., & Patel, S. (2015). Embedded System Design Using Raspbery Pi SBC. International Journal of Electrical and Electronics Research, 74-75.
[5] Bounegru, L. (2009). Smart Houses: From Managing the House at a Distance to the Management of Life Itself. Amsterdam: Media Studies New Media (MA), University of Amsterdam .
[6] King, N. (2003). SMART HOME – A DEFINITION. Knowlhill: Intertek Research & Testing Centre.
[7] Harper, R. (2003). Inside The Smart Home. London: Springer-Verlag London Limited.
[8] ITU. (2015, October 23). Internet of Things Global Standards Initiative. Retrieved from ITU: http://www.itu.int/en/ITU-T/gsi/iot/Pages/default.aspx
[9] Arduino.cc. (2015, Januari 2). Arduino. Retrieved Februari 30, 2015, from http://arduino.cc/en/guide/introduction
[10] Schmidt, M. (2012). Raspberry Pi: A Quick-Start Guide. Dallas, Texas: The Pragmatic Programmer, LLC.
[11] Suyanto (2011). Artifial Intelligence. Bandung: Informatika Bandung.
[12] Rich, Knight, & Nair (2009). Artificial Intelligence: Third Edition.New Delhi : Tata McGraw-Hill.
[13] Hornby, A. S. (1995). Oxford Advanced Learners' Dictionaryof Current English, Fifth. Edition, New York: Oxford University Press
[14] Alves, A. J. (2016). Embedded Fuzzy Logic Library. Retrieved April 30, 2016, from https://github.com/zerokol/eFLL.
[15] Heising, Jim (2013). FreeBoard. Retrieved from github: https://github.com/Freeboard/freeboard

Authors

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto
m.priyono.ts@unikama.ac.id (Primary Contact)
Kadwi Suharsono
Danang Aditya Nugraha
Author Biographies

Muhammad Priyono Tri Sulistyanto

Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang

Kadwi Suharsono

Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang

Danang Aditya Nugraha

Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang
[1]
M. P. T. Sulistyanto, K. Suharsono, and D. A. Nugraha, “Monitoring dan Kendali Peralatan Elektronik Menggunakan Logika Fuzzy Melalui Website Dengan Protokol HTTP”, SMARTICS, vol. 2, no. 2, pp. 49–54, Oct. 2016.

Article Details