Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran

Hendra Pradibta, Budi Harijanto, Dimas Wahyu Wibowo

Abstract

Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu aspek yang banyak bersinggungan dengan teknologi.Namun hal ini bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, dimana sebagian besar materi pembelajaran masih berbasis teks.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran dengan menerapkan teknologi Augmented Reality.Augmented Reality (AR) merupakan sebuah aplikasi yang dapat menggabungkan objek virtual berupa teks, gambar, dan animasi kedalam dunia nyata.

Pengembangan aplikasi Augmented Realitymemanfaatkan Aurasma Web Based Studio, dengan materi pembelajaran doa harian anak. Pembuatan karakter dan animasi menggunakan aplikasi Adobe Illustrator dan Adobe After Effects.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi Augmented Realitydapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik.Hal ini dikarenakan terdapat konten Augmented Realityberbentuk animasi yang memotivasi pengguna untuk menggunakan media pembelajaran tersebut.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Aurasma

Authors

Hendra Pradibta
hendra.pardibta@polinema.ac.id (Primary Contact)
Budi Harijanto
Dimas Wahyu Wibowo
Author Biographies

Hendra Pradibta

Jurusan Teknologi Informasi,Politeknik Negeri Malang

Budi Harijanto

Jurusan Teknologi Informasi,Politeknik Negeri Malang 

Dimas Wahyu Wibowo

Jurusan Teknologi Informasi,Politeknik Negeri Malang
[1]
H. Pradibta, B. Harijanto, and D. W. Wibowo, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Alternatif Media Pembelajaran”, SMARTICS, vol. 2, no. 2, pp. 43–48, Oct. 2016.

Article Details