Penerapan Library AR.JS untuk Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan

Dimas Wahyu Wibowo, Pramana Yoga Saputra, Eka Larasati Amalia, Farida Ulfa

Abstract

Augemented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan bedan maya 3D ke dalam dunia nyata dan dalam waktu nyata. Penelitian ini menggunakan teknologi AR ke dalam bentuk media pembelajaran pengenalan hewan unutk anak-anak. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal nama dan jenis hewan. AR dapat menyajkan pembelajaran yang interaktif, karena anak-anak tidak hanya belajar secara teori namun mereka juga dapat melihat objek hewan secara 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan AFrame Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menampilkan semua visualisasi objek 3D sehingga dapat digunakan untuk media pembelajaran

Authors

Dimas Wahyu Wibowo
dimas.w@polinema.ac.id (Primary Contact)
Pramana Yoga Saputra
Eka Larasati Amalia
Farida Ulfa
[1]
D. W. Wibowo, P. Y. Saputra, E. L. Amalia, and F. Ulfa, “Penerapan Library AR.JS untuk Pembuatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan”, SMARTICS, vol. 4, no. 2, pp. 52–55, Oct. 2018.

Article Details