Game Edukasi Lalu Lintas Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Rambu Lalu Lintas

Eka Larasati Amalia, M.Shulhan Khairy, Farida Ulfa, Dimas Shella Charlinawati, Chintya Puspa Dewi, Ermi Pristiyaningrum

Abstract

Rambu lalu lintas merupakan tanda yang di pasang untuk memberi informasi kepada pemakai jalan, Rambu lalu lintas ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan serta kelancaran dijalan. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran rambu lalu lintas sejak dini agar mereka tumbuh menjadi orang yang tertib berlalu lintas. Metode pembelajaran dapat diberikan melalui game edukasi. Game edukasi adalah cara bagi seseorang untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan melakukan pendekatan yang menyenangkan. Game yang akan dibuat akan mengenalkan dan mengajarkan siswa SD tentang arti dari rambu lalu lintas dengan metode pembelajaran berbasis web. Dari hasil pengujian game edukasi rambu lalu lintas ini dapat membantu guru dan siswa dalam mengubah cara belajar mengenal rambu lalu lintas dan memudahkan siswa untuk belajar mengenal  rambu - rambu beserta fungsinya, mencocokkan gambar dan mencoba mengaplikasikan dengan simulasi coba berkendara.

References

[1] Indonesia Student, “4 Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap,“ indonesiastudents.com, para. 4, Mar. 17 2017. [Online]. Available: https://www.indonesiastudents.com/pengertian-game-edukasi-menurut-para-ahli-dan-contohnya-lengkap/. [Accessed Sept. 2, 2019].
[2] Irianto, Imam Fitri, “Game Edukasi Mari Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas Yang Ada Di Indonesia,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
[3] Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang, “Banyaknya Kecelakaan dan Korban Lalu Lintas di Kabupaten Malang, 2012 - 2017 ,” datasheet, Sept. 2017 [Revised Sept. 2018].
[4] Scrum.org The Home Of Scrum, “What Is Scrum?: A Better Way Of Building Products,” Scrum.org, 2019. [Online]. Available: https://www.scrum.org. [Accessed: Sept 16. , 2019].
[5] INFOTERMIA, “Pengertian SCRUM Dalam Software Development,” infotermia.com, para. 2, Feb. 25, 2018. [Online]. Available: https://www.infotermia.com/detailpost/pengertian-scrum-dalam-software-development. [Accessed Sept. 16, 2019]
[6] https://labs.phaser.io/ [Accessed Sept. 22, 2019]
[7] Davey, Richard, 2018 [Online] https://rexrainbow.github.io/phaser3-rex-notes/docs/site/ [Accessed Sept. 2019]

Authors

Eka Larasati Amalia
ekalarasati.a@gmail.com (Primary Contact)
M.Shulhan Khairy
Farida Ulfa
Dimas Shella Charlinawati
Chintya Puspa Dewi
Ermi Pristiyaningrum
[1]
E. L. Amalia, M. Khairy, F. Ulfa, D. S. Charlinawati, C. P. Dewi, and E. Pristiyaningrum, “Game Edukasi Lalu Lintas Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Rambu Lalu Lintas ”, SMARTICS, vol. 6, no. 1, pp. 41–47, Apr. 2020.

Article Details