IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SEBAGAI SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN TANAMAN PANGAN YANG LAYAK DI KABUPATEN MALANG

Ibnu Arivin, Moh Ahsan, Alexius Endy Budianto

Abstract

Keberhasilan bisnis petani di sektor pertanian tidak semata-mata karena keberuntungan semata, tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti tanah pertanian (tanah), tenaga kerja, modal, pupuk, pestisida, benih, teknologi, dan manajemen. Dari beberapa faktor ini, ada juga faktor alam seperti sinar matahari, curah hujan, angin, lingkungan yang juga mempengaruhi proses pertanian. Berdasarkan hasil pengamatan, waktu lahan yang dihadapi petani adalah kurangnya pengetahuan untuk menentukan jenis tanaman pangan yang tepat yang cocok untuk ditanam di daerah beriklim tertentu berdasarkan parameter suhu, tekanan udara, kecepatan angin, kelembaban udara , curah hujan, dan ketinggian lokasi penanaman. Sehubungan dengan masalah-masalah ini, pemerintah Kabupaten Malang dengan cepat meningkatkan kesejahteraan petani dengan program tanaman pangan yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada berdasarkan parameter-parameter ini. Sistem rekomendasi metode SAW adalah sistem informasi interaktif untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi-terstruktur dan tidak terstruktur, di mana tidak ada yang tahu pasti bagaimana keputusan itu diambil. Berdasarkan hasil implementasi, dengan sistem rekomendasi, dapat ditemukan bahwa itu dapat membantu petani sebagai pengambil keputusan untuk memilih tanaman pangan yang cocok ditanam oleh petani di Kabupaten Malang.

References

Ahsan M, Setiyaningsih W, Susilowati S, Dijaya R, Tjahjanti PH., 2019. Selecting multiple intelligences on children with weighted product, analytical hierarchy process, simple additive weighting and TOPSIS. Journal of Physics: Conference Series Tebitan ke 7 Jilid 1402, Halaman 077033, Tahun 2019. Penerbit IOP Publishing.
Ahsan M, N Indawati,. 2019. Implementation weighted product method to determine multiple intelligence child. Journal of Physics: Conference Series Tebitan ke 1 Jilid 1375, Halaman 012038, Tahun 2019. Penerbit IOP Publishing.
Ahsan, budi P, Harry S.P., 2015. Multiple Intelligence Menentukan Jurusan di SMA Menggunakan Teknik Multi-Attribute Decision Making. Jurnal eeccis UB, Volume 9 tahun 2015.
Ariyanto, (2012), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting), Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi UIN SunanKalijaga, Yogyakarta.
Edi, Doro; Betshani, Stevalin, (2014), Analisis Data denganMengguna kan ERD dan Model Konsep tual Data Warehouse, Jurnal Informatika, Vol .5, No. 1, hal 71 – 85 .
Fiati, Rina (2015), Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Penjualan Barang, ISSN : 1979-6870

Joko Usito , Nugroho , (2013), Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Tesis Program Studi Magister Sistem Informasi Universitas Diponegoro, Semarang.
Kadir , Abdul, (2005), Dasar Pemrograman JAVA TM 2 , Andi Offset, Yogyakarta.
Kusuma dewi, Sri ; Hartati , Sri ; Harjoko , Agus ; Wardoyo , Retantyo , (2006), Fuzzy Multi –Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), GrahaIlmu, Yogyakarta.
Lad jamudin, bin Al-Bahra , ( 2005 ), Analisis dan Desain Sistem Informasi, GrahaI lmu, Yogyakarta.
Nugroho , Bunafit, ( 2005 ), Database Relasional dengan MySQL , Andi Offset , Yogyakarta
Okta putra , Ali Wahyu ; Noer sasongko , Edi , (2014) , Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada Perusahaan Leasing HD Finance, Tugas Akhir Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro , Semarang.
Supriyanto , Aji , (2007) , Pengantar Teknologi Informasi, Salemba Infotek , Jakarta.

Authors

Ibnu Arivin
Moh Ahsan
Alexius Endy Budianto
endybudianto@unikama.ac.id (Primary Contact)
Arivin, I., Ahsan, M., & Endy Budianto, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SEBAGAI SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN TANAMAN PANGAN YANG LAYAK DI KABUPATEN MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 79–87. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4249

Article Details