SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS WEB DI SDN SAWAHAN 03 TUREN KABUPATEN MALANG

Siprianus Kamuri, Hari Lugis Purwanto

Abstract

Proses penilaian guru serta monitoring hasil belajar oleh wali siswa di SDN Sawahan 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang belum maksimal karena masih menggunakan cara konvensional. Dari sistem yang konvensional terdapat beberapa masalah dimana orang tua kurang mendapatkan laporan tentang proses hasil belajar siswa atau terbatasnya laporan yang didapatkan dari pihak sekolah, serta kesulitan wali kelas dalam proses input nilai siswa.dari beberapa masalah yang ada dapat disimpulkna bahwa komunikasi antara wali murid dan wali siswa dalam hal proses hasil belajar siswa sangat kurang. Inovasi proses penilaian dan monitoring nilai sangat diperlukan agar dapat memudahkan pekerjaan guru serta wali siswa dalam monitoring hasil belajar siswa serta guru dapat lebih mudah dalam hal input nilai siswa.


   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memudahkan proses input dan monitoring data hasil belajar siswa yang bebasis web untuk seluruh wali kelas dan wali siswa di SDN Sawahan 03 Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model waterfall. sistem moonitorig proses hasil belajar siswa yang dikembangkan ini diakses oleh 4 aktor diantaranya admin (operator), wali kelas, kepala sekolah, dan wali murid. Oleh karena itu sistem yang dikembangkan akan dilakukan uji coba ke pihak penngguna sesuai peran masing-masing aktor. Setelah melakukan uji coba produk atau sistem, dilanjutkan dengan uji User Acceptence Test (UAT) dengan membagikan kuisioner berisi pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi yang ada pada produk atau sistem. Adapun presentase hasil uji User Acceptence Test (UAT) secara keseluruhan mencapai 80,4%, sehingga dapat diambil keputusan bahwa fungsi-fungsi sistem atau produk yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat diterima oeh pihak pengguna.


 

Authors

Siprianus Kamuri
siprianuskamuri@gmail.com (Primary Contact)
Hari Lugis Purwanto
Kamuri, S., & Purwanto, H. L. (2020). SISTEM INFORMASI MONITORING PROSES HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS WEB DI SDN SAWAHAN 03 TUREN KABUPATEN MALANG. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4350

Article Details