PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN KONEKSI JARINGAN

Roni Wibowo, Rudi Hariyanto, Anang Aris Widodo

Abstract

Penggunaan teknologi saat ini sudah mampu memvisualisasikan sebuah tindakan di kehidupan nyata menjadi sebuah objek dalam sebuah aplikasi. Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual yang bersifat interaktif dan realtime. Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran pun juga sedang berkembang. Namun pada saat ini materi pembelajaran tentang teknik informasi dan komunikasi telah dihapuskan dari kurikulum pembelajaran siswa, hal ini sangat mempengaruhi kebutuhan siswa tentang komputer dan jaringan. Siswa yang terlanjur mengetahui informasi dasar mengenai jaringan pun tidak bisa mempraktikkan langsung ilmunya dan mengkoneksikan koneksi jaringan. Dari permasalahan tersebut terbentuklah sebuah media pembelajaran koneksi jaringan yang berjudul “Penerapan AR Sebagai Pembelajaran Koneksi Jaringan†yang berguna untuk menampilkan objek 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi serta koneksi dalam mengatur jaringan komputer dan tes koneksi jaringan komputer.

References

Azuma, Ronald T. August 1997. "A Survey of Augmented Reality". Presence: TeleoperatorsandVirtualEnvironments.

Fadlil, Abdul, dkk. 2017. “Pengembangan Sistem Pengaman Jaringan Komputer Berdasarkan Analisis Forensik Jaringan”. Universitas Ahmad Dahlan.

Hanafi, Miftah Rizqi. 2015. “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Geometra, Media Pembelajaran Geometri Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality”.Tugas Akhir Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Harni Kusniyati, Nicky Saputra Pangondian Sitanggang. 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android". Jurnal Teknik Informatika. 9(1): 11.

Hikmaturokhman, Alfin, dkk. 2015. “Implementasi Mobile Augmented Reality 3 Dimensi Pada Petunjuk Praktikum Drive Test”. ST3 Telkom Purwokerto.

Karisman, Aprian, dkk.2019. “Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android”. Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama.

Muntahanah, dkk. 2017. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra)”. Universitas Muhamamadiyah Bengkulu.

Nadira, Zahra, dkk. 2016. “Implementasi Augmented Reality Pada Brosur Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Marker”. Universitas Tanjungpura.

Riccitiello, John. 2014. John Riccitiello sets out to identify the engine of growth for Unity Technologies (interview). VentureBeat. Interview with Dean Takahashi. Retrieved January 18, 2015.

Safaat, Nazrudin. 2011. “Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android”. Informatika, Bandung.

Safaat, Nazruddin. 2012. ”Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android”. Informatika Bandung: Bandung.

Saputra, Yoga Aprillion. 2014 “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala Di Museum Geologi Bandung”. Universitas Komputer Indonesia.

Sari, Citra Arum. 2018. “Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android”. Universitas Udayana.

Suharso, Aries, Angga Adhi Pramana. 2016. “Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Komputer Berbasis Magicbook Augmented Reality”. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Wasista, Sigit, dkk. 2016. “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktif”. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Zianuddin, Zahir, dkk. 2016. “Aplikasi Augmented Reality pada Sistem Informasi Smart Building”. Universitas Hasanuddin

Authors

Roni Wibowo
roni.wibow@gmail.com (Primary Contact)
Rudi Hariyanto
Anang Aris Widodo
Wibowo, R., Hariyanto, R., & Widodo, A. A. (2020). PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN KONEKSI JARINGAN . RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4929

Article Details