PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN SATAP MATAWAI IWI

Iin susanti, Sholikhan, Nurul Ain

Abstract

 


Abstrak. Penilian dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan model pembelajaran PBL (problem based learning), (2) mengetahui penerapan model pembelajaran PBL (problem based learning) untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, (3) penerapan model pembelajaran PBL (problem based learning) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas VIIIA SMPN Satap Matawai Iwi. Penganbilan data disaat pembelajaran berlangsung dengan lembar pengamatan untuk mengukur motiasi belajar peserta didik dan tes soal pilihan ganda yang dibuat berdasarkan tujuan dan indikator untuk menguru prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian (1) keterlaksaan model pembelajaran siklus l ke siklus ll mengalami peningkatan dengan skor perolehan sebesar 94,04%, (2) model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan perolehan skor dari siklus l ke siklus ll sebesar 85,67%, (3) model pembelajaran PBL dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan nilai rata-rata sebesar 80. Sehinggah dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik.

Authors

Iin susanti
iinsusanti248@gmail.com (Primary Contact)
Sholikhan
Nurul Ain
susanti, I., Sholikhan, & Ain, N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN SATAP MATAWAI IWI. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5289

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>