IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Antonius Yanto Haki, Syahminan Syahminan, Alexius Endy Budianto

Abstract

Banyaknya jenis objek wisata yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara yang membuat wisatawan bingung untuk menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dan dalam memilih tujuan, traveler harus mengatasi masalah.Jika motivasi untuk perjalanan cukup kuat, hambatan akan diatasi tetapi mereka mungkin mempengaruhi pilihan tujuan. Definisi pariwisata dapat dilihat dari sudut pandang dan juga tidak memiliki batasan-batasan yang pasti. Waktu dan biaya, misalnya, bandar adalah yang paling segera datang ke pikiran.SMART merupakan metode sistem pendukung keputusan multiatribut yang diambil dan dikembangkan oleh Edward pada tahun 1977. Adapun manfaat yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini Manfaat dari Penelitian ini yaitu agar memudahkan wisatawan dalam menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dengan prioritas jarak terdekat dan dapat diakses dari objek wisata yang paling bagus berdasarkan peringkat yang di peroleh dari perhitungan metode SMART.

References

Achmad Cholirul Rohman. (2017). Sistem Pendukung Keputusan penentuan lahan . pertanian,pertambangan, dan perindustrian ( softplet ) dengan menggunakan metode smart.
Irwan ukkas, Heny Pratiwi, Dessy Purnamasari (2016). Sistem pendukung keputusan penentuan supplier bahan bangunan menggunakan metode SMART pada toko bintang keramik jaya.
Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, Nikmatus Syafa’ah ( 2014 ). Sistem pendukung keputusan untuk menentukan jurusan pada siswa SMA menggunakan metode KKN dan SMART.
Eva Yulianti, Mutia Farina (2020). Sistem pendukung keputusan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk keluarga miskin menggunakan SMART.
Septian Galuh Andika, Kusnadi, Petrus Sokibi (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan ekstrakulikuler untuk siswa SMA menggunakan metode SMART (STUDI KASUS : SMA SANTA MARIA CIREBON).
Husaini ( 2020). Model penilaian sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SMART untuk penentuan pendistribusian kesehatan pada puskesmas di kabupaten Pidie
Dwi Novianti , Indah Fitri Astuti , Dyna Marisa Khairina (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode SMART .
Suryanto, Muhammad Safrizal (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART .
Gumilar Ramadhan Pangaribuan , Agus Perdana Windarto , Wida Prima Mustika , Anjar Wanto. Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode SMART.
Restyan Sukmawati, Ervin Kusuma Dewi, Rini Indriati (2016). Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra.
I Made Ari Santosa (2017). Implementasi Metode Smart Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Paud

Authors

Antonius Yanto Haki
beritasekarang762@gmail.com (Primary Contact)
Syahminan Syahminan
Alexius Endy Budianto
Haki, A. Y., Syahminan, S., & Budianto, A. E. (2021). IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 59–63. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5562

Article Details