Sistem Informasi E-Presensi Siswa Menggunakan Qr Code pada Mts Ma’arif NU Roudlotul Musthofa Berbasis Web

Raditiya Sholechan Raditiya, Hari Lugis Purwanto, Gaguk Susanto

Abstract

Proses presensi kehadiran siswa di MTs Ma’arif NU Roudlotul Mushofa belum maksimal. Pada kegiatan pengisian presensi menggunakan media kertas sering terjadi ketidak validan data di karenakan siswa bisa memanipulasi kehadiran di madrasah. Oleh karena itu, presensi perlu didigitalisasi untuk mengurangi kecurangan dan ketidak validan data kehadiran serta mempermudah proses presensi kehadiran. Sistem aplikasi ini sudah mampu melakukan presensi yang sudah sesuai dengan presensi manual dan bisa digunakan untuk pengganti proses presensi siswa sebelumnya yang masih menggunakan kertas biasa. Pengembangan sistem e-presensi ini menggunakan metode pengembangan Waterfall. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebuah sistem yang mampu membantu kegiatan presensi dan hasil User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan memiliki jumlah hasil rata-rata 87,95%.

References

Kadir, Abdul. (2015). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Supendi, Yiyi dan Supriadi Irwin, dkk. (2019). Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) 2019.
Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
L. Binus, "Bab 2 Landasan Teori," [Online]. Available:
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2DOC/2012-1-00007-SI%20Bab2001.doc [Diakses Januari 2017].
Rahaman, W. (2016). Enhancing Library Services Using Barcode, Qrcode and RFID Technology: A Case Study in Central Library National Institute of Technology Rourkela, International Journal of Digital Library Services, 6(3), 39-50.
Wijaya, A. & Gunawan, A. (2016). Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android, Jurnal Bianglala, 4(1), 16-21

Authors

Raditiya Sholechan Raditiya
Hari Lugis Purwanto
Gaguk Susanto
gaguk.susanto@unikama.ac.id (Primary Contact)
Raditiya, R. S., Hari Lugis Purwanto, & Gaguk Susanto. (2023). Sistem Informasi E-Presensi Siswa Menggunakan Qr Code pada Mts Ma’arif NU Roudlotul Musthofa Berbasis Web. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i1.8205

Article Details

Most read articles by the same author(s)