PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah setelah penerapan model LAPS-Heuristic(Logan Avenue Problem Solving) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Cibeber. Jenis penelitian kuantitatif tipe Quasi Experimen dengan bentuk Design The Nonequivalent Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Cibeber. Adapun penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari 3 kelas melalui teknik purposive samplingdan melibatkan sampel sebanyak 53 orang yang berasal dari dua kelas yang pilih. Kelas X IPA 2 dipilih sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik dan kelas X IPA 1 dipilih sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrument berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kuisioner sikap siswa. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunkan model pembelajaran LAPS-Heuristic lebih baik di bandingan menggunakan model pembelajaran biasa. Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model LAPS-Heuristic(Logan Avenue Problem Solving)sebagian besar positif.
Katakunci: Model LAPS-Heuristic; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Komala, Elsa. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika.Cianjur: Universitas Suryakancana.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM).(2000). Executive SummaryPrinciples and Standards for School Mathematics. Reston, USA:NCTM,Inc. Tersedia: https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf.
Purba, Oktaviana Nirmala, Syahriani Sirait. (2017). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri dengan Model Laps-Heuristic pada Kelas X SMA Syafiyyatul Amaliah†Dalam Proseding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA [ offline], volume2 (1) 13 halaman. Tersedia:https://osf.10/preprints/inarXIV/fhq3e/
Rahman, Irasilviana, Nerru Pranuta Murnakadan Wiwik Wiyanti. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Laps(Logan Avenue Problem Solving)-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah†Dalam Wacana Akademi [ offline], volume2 (1) 13 halaman. Tersedia:http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index-php/wacanaakademik/article/view/2556
Ruseffendi, E, T. (2006).Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Susanti, Witna, Andri Novianto dan Mira Amelia Amri. (2016). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Di Kelas X SMA N 2 Batang Anai†Dalam JURNAL GANTANG Pendidikan Matematika FKIP[online], Vol. 1 (2) 12 halaman.
Yulianto, Gogot Dwi, Ketut Suastika dan Tridja Fayeldi. (2019). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Permamaan Linier Dua Variabel†DalamPi: Mathematisc Education Journal[ofline], Vol. 2 (01) 7 halaman. Tersedia: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/index
Authors
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal