REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI HIMPUNAN SMPK WIGNYA MANDALA TUMPANG

David Ra Ngedo, Anton - Prayitno, Cynthia Tri Octavianti

Abstract

ABSTRAK.


Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan yang mempunyai keterkaitan dengan pemahaman matematika, representasi merupakan hal terpenting dalam mengkonstruksi ide dan pemahaman siswa terkait dengan konsep-konsep matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Wignya Mandala Tumpang sebanyak 18 siswa akan tetapi hanya 3 subjek yang dinalisis. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif berdasarkan representasi kesalahan siswa. Subjek dipilih terlebih dahuluh berdasarkan pertimbangan-pertimbangan peneliti sesuai tujuan penelitian,itu subjek diambil secara acak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan jenis-jenis representasi dalam pembelajaran matematika, kesulitan yang berkaitan dengan kesulitan tiga objek menentukan, membaca, dan membedakan. Presentase representasi kesulitan siswa menentukan sebesar 62,0% di kategorikan sedang, kesulitan membaca sebesar 29,% di kategorikan rendah dan kesulitan membedakan sebesar 72,2%) kategori tinggi. faktor penyebabnya kesalahan representasi kemampuan siswa yaitu sulit dalam membedakan bilangan asli, kurang dari serta sulit dalam menentukan irisan, dan dalam menggambar diagram venn, dari kesalahan tersebut siswa tidak dapat menentukan himpunan penyelesaian atau siswa tersebut kesulitan dalam memahami dan mencermati.

References

Alhadad, Syarifah Fadillah. 2010. meningkatkan kemampuan representasi Multipel matematis, pemecahan masalah matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui pembelajaran dengan pendekatan Open Ended.Di serta si UPI.[Online]. Tersedia:http://repository.upi.edu.[14 Maret 2014]..

Kholiqowati. 2016. “ Analisis Kemampuan Representasi matematis ditinjau karakteristik Cara Berfikir Peserta didik dalam pembelajaran dengan pendekatan Saitifik’’. Unnes Jurnal of Mathematics Education, 5(3): 234-242

. Mustangin. 2015. “Representasi Konsep dan peranannya Dalam pembelajaran matematika di sekolah’’ . Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1):15-21

Mudzakir, H. S (2006). Strategi pembelajaran think-talk write untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik beragam sisa SMP. Tesis pada PPS UPI bandung.

Mudzakir, H. S. 2006. Strategi pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan representasi Matematik Beragam siswa SMP.Di serta si UPI [Online].

Mailiana, A.S. 2014. Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam Menyelesaikan Soal matematika materi himpunan pada Kelas XI IPA 3 MAN Rejotangan. Skripsi. tidak Dipublikasikan.Tulungagung: Program Sarjana IAIN.

National Council of Teachers of mathemathics. 2005. Principles and stadards four school matematics. Reston:NCTM.

National Concil of Teacher of Mathematics. 2003. A Research Companion to principles and standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. 2011. pembelajaran Soal cerita operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia:http://www.p4tk matematika,org/file/Bermutu%202011/SD/9. Pembelajaran %20soal%20 Cerita %20 Operasi %20hitung%20....Pdf (16 Maret 2013).

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan matematika di Indonesia konst atas i Keadaan Masa Kini menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Sabirin, kanisuus. Ddk. 2013. “kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan dipsisi matematis terhadap presetasi belajar matatematika siswa SMA swata di kabupaten manggaran’’(online),(http://portal.wdyamandala.ac,id/jurnal/index.php

/jiem/article/viem/297, diakses tanggal 9 0ktober 2016).

Sabirin , Muhammad. 2014. “Representasi dalam pembelajaran matematika’’Jurnal JPM IAIN Antasari,1(2):33-44

Authors

David Ra Ngedo
davidrangedo94@gmail.com (Primary Contact)
Anton - Prayitno
Cynthia Tri Octavianti
Ngedo, D. R., Prayitno, A. .-., & Octavianti, C. T. (2020). REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI HIMPUNAN SMPK WIGNYA MANDALA TUMPANG. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3675

Article Details