BANGUN DATAR: ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP MELALUI SCHOOLOGY

Tika Rahmawati, Tatik Retno Murniasih, Timbul Yuwono

Abstract

Pemahaman konsep adalah suatu kecakapan dalam mengerti suatu hal secara mendalam tentang suatu rancangan dengan benar. Pemahaman konsep berdasarkan Skemp dibagi dua yaitu instrumental dan relasional. Siswa yang hafal rumus saja dinamakan pemahaman instrumental. Siswa mempunyai kemampuan menjelaskan prosedur penyelesaian dan mengaitkan konsep dinamakan pemahaman relasional. Schoology merupakan software berbasis web untuk pembelajaran dimana siswa bisa berinteraksi dengan guru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika yang pada salah satu SMP kelas 7 di kota Malang. Subjek penelitian enam belas siswa kelas VII. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pada aplikasi schoology untuk materi segiempat dan segitiga.  Analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian. Siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok berdasarkan indikator Skemp, selanjutnya dianalisis pemahaman konsepnya.  Hasil dari penelitian didapatkan bahwa siswa yang menguasai pemahaman konsep matematika tingkat instrumental yaitu dengan menghafalkan rumus sebesar 52 %, sedangkan untuk tingkat relasional yang mampu menggunakan prosedur hanya 48 %.

References

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra`: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Indayani, S., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2015). Profil Pemahaman Siswa Terhadap Luas Dan Keliling Bangun Datar Yang Digunakan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(3), 326–337.

Jami, M. P., Murniasih, T. R., & Yuwono, T. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3492

Majid, R. A., & Abadi, A. P. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1236–1247.

Mardiana, S., Susiswo, S., & Hidayanto, E. (2016). Pemahaman Instrumental Dan Relasional. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, 1, 67–76.

Murniasih, T. R., Sa’dijah, C., Muksar, M., & Susiswo, S. (2020). Fraction Sense : An Analysis of Preservice Mathematics Teachers ’ Cognitive Obstacles. Center for Educational Policy Studies Journal, 10(2), 27–47. https://doi.org/10.26529/cepsj.742

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Revilda, E., Hadi, N., & Purwasih, J. H. G. (2021). Dampak Belajar Dari Rumah. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 822–832. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1133

Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.

Setiyani. (2019). Blended learning: keefektifan e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan komunitas matematika. Jurnal Pendidikan, 3(2), 143–155.

Suciati, S. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan, 19(2), 145. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.731.2018

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Jurnal riset pendidikan matematika. Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197–210.

Syahputra, F. C., Nurcahya, A. P., & Hidayati, F. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Digital Melalui Platform Schoology. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1(1), 204–208.

Ulva, N. L., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 96. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453

Utomo, D. P., & Huda, M. (2020). Pemahaman Relasional Analisis Proses Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika. In Bildung (Vol. 01, Issue 01).

Authors

Tika Rahmawati
Tatik Retno Murniasih
tretnom@unikama.ac.id (Primary Contact)
Timbul Yuwono
Rahmawati, T., Murniasih, T. R., & Yuwono, T. (2022). BANGUN DATAR: ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP MELALUI SCHOOLOGY. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 41–45. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.6894

Article Details