Tanggapan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Vidio Pembelajaran Materi Integral dan Diferensial Numerik

Frengky Tedy, Patrisius Batarius, Sisilia D.B. Mau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan persepsi mahasiswa terhadap proses perkuliahan online selama masa pandemic vovid-19. Permasalahan tidak merata jaringan internet bagi mahasiswa yang berada di daerah menyebabkan perkuliahan online tatap muka tersendat. Pemahaman materi, konsep, dan kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan menjadi kendala bagi dosen dalam menyampaiakan materi pembelajaran. Pada penelitian ini, mata kuliah metode numerik, sub bagian integral dan diferensial numerik dilakukan proses model mengajar dengan cara lian. Materi kuliah direkam dalam bentuk vidio pembelajaran. Setiap materi ada 4 vidio pembelajaran sepeti vidio konsep dasar materi yang diajarkan, video contoh latihan pengerjaan soal-soal secara manual dan video latihan soal menggunakan software spredsheet excel. Vidio pembelajaran dikirim ke elearning universitas dan WAG. Mahasiswa bisa belajar dan mengulang materi-materi yang belum dipahami. Materi kuliah bisa diunduh sewaktu kondisi internetnya bagus karena durasi vidio pembelajarnnya maksimal 10 sampai 15 menit untuk. Diakhir pembelajaran mahasiswa mengisi kuisioner yang diberikan untuk mengetahui pemahaman dan persepsi dari proses pembelajaran online. Kuisioner dikirim secara online menggunakan google form. Total mahasiswa yang mengambil sebanyak 50 orang mahasiswa program studi ilmu komputer semester 4. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Kuesioner diisi dengan menggunakan skala Likert. Model pembelajaran yang dilakukan di masa pendemi covid-19 ini, memberi manfaat tersendiri bagi mahasiswa yang kesulitan akan jaringan internet. Pembelajaran berbasis vidio sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan dosen.

References

Arfinanti, Nurul. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Metode Numerik Dengan Implementasi Scilab Berbantuan Software Latex.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 6(2): 121–38.

Arifin, Suci Ramadhani, and Etha Gustin Merdekawati. (2020). “Tanggapan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online.” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin) 8(3): 278.

Budiman, Hedi. (2019). “Mengukur Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis.” Prisma VIII(1): 58–67.

Clark, Renee M., and K. A.W. Autar. (2021). “Enhancing Student Outcomes in a Blended Numerical Methods Course for Engineers: The Case for Practice and Cumulative Tests.” International Journal of Engineering Education 37(3): 585–93.

Clark, Renee M., Autar Kaw, and Mary Besterfield-Sacre. (2016). “Comparing the Effectiveness of Blended, Semi-Flipped, and Flipped Formats in an Engineering Numerical Methods Course.” Advances in Engineering Education 5(3): 1–38.

Endriani, Dewi, Syamsul Gultom, and Yan Indra. (2019). “Development of Volleyball Learning Media Based on E-Learning.” 10(4): 2615–25.

Firdaus, Muhamad; Hodiyanto. (2021). “Kemampuan Pemahaman Geometri Dalam E-Learning Pendidikan Matematika , IKIP PGRI Pontianak , Indonesia E-Mail : Abstrak PENDAHULUAN Kemampuan Pemahaman Adalah Kemampuan Yang Seharusnya Dimilki Oleh Peserta Didik Baik Siswa Maupun Mahasiswa . Hal Ini Berses.” 10(4): 2304–19.

Fitriasari, Putri. (2018). “Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Numerik.” Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 4(2): 92–104. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/2896.

Herwanto, Heri et al. (2020). “Penggunaan Metode Estafet Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Has.” Jes-Mat 6(1): 11–21.

Himmi, Nailul, Nina Agustyaningrum, and Iswanti Iswanti. (2021). “Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4): 2497–2506.

Johnston, Barbara M. (2017). “Implementing a Flipped Classroom Approach in a University Numerical Methods Mathematics Course.” International Journal of Mathematical Education in Science and Technology 48(4): 485–98. http://dx.doi.org/10.1080/0020739X.2016.1259516.

Masfingatin, Titin et al. (2021). “Multimodal Model Melalui E-Learning Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Di Masa Pandemi Covid 19.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(1): 73.

Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. (2011). “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?” Internet and Higher Education 14(2): 129–35.

Muzaini, Muhammad, Sri Rahayuningsih, Nasrun Nasrun, and Muhammad Hasbi. (2021). “Creativity in Synchronous and Asynchronous Learning During the Covid-19 Pandemic: A Case Study.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(3): 1722–35.

Nugroho, Purna Bayu, Badawi Badawi, and Agung Prihatmojo. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Pembelajaran Berbasis Data Covid-19 Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Mahasiswa Terhadap Hoaks.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(2): 467.

Pasangka;, Irvandi Gorby, and Jusrry Rosalina Pahnael. (2021). “Analisis Pengaruh Keterampilan Dosen Mengajar Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Dalam Perkuliahan Analisis Real I.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4): 2736–46.

Rikayanti, Rikayanti. (2017). “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Software Matlab Pada Mata Kuliah Metode Numerik.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 2(2): 95–108.

Wibawa, Kadek Adi, and I Putu Ade Andre Payadnya. (2021). “Learning Effectiveness Through Video Presentations and Whatsapp Group (Wag) in the Pandemic Time Covid-19.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(2): 710.

Authors

Frengky Tedy
Patrisius Batarius
patrisbatarius@unwira.ac.id (Primary Contact)
Sisilia D.B. Mau
Tedy, F., Batarius, P., & Mau , S. D. (2023). Tanggapan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Vidio Pembelajaran Materi Integral dan Diferensial Numerik . Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 46–55. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i1.8231

Article Details