PENERAPAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMAN 3 MADIUN

Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model TGT
dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V
SDN Taman 3 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan
sumber datanya adalah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu (a) observasi, (b) wawancara, dan (c) tes. Metode analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif
komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Penerapan model TGT
dalam pembelajaran matematika merupakan perwujudan lima langkah penerapan
pembelajaran tipe TGT yaitu presentasi kelas, kerja kelompok, permainan, turnamen,
dan penghargaan kelompok. Model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SD, yaitu ditandai dengan: Siswa kelas V sebanyak 19 anak mengalami
peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan nilai rata-rata 69,7 (di bawah KKM
75), siklus I nilai rata-rata 74,7 (11 anak mencapai KKM, 8 anak masih di bawah
KKM), siklus II nilai rata-rata 80,8 (semua siswa mencapai KKM).
Kata kunci: TGT, hasil belajar, matematika
Abstract: The purpose of this research is to describe the application of TGT model
in learning mathematics to improve student learning result of class V SDN Taman 3
Madiun. This research is a classroom action research and the data source is
students. Data collection techniques used in this research are (a) observation, (b)
interview, and (c) test. Data analysis method used in this research is descriptive
qualitative and comparative descriptive. Based on the research results can be
concluded: The application of TGT model in mathematics learning is the
embodiment of five steps of application of TGT type learning that is class
presentation, group work, games, tournaments, and group awards. The TGT model
can improve the learning outcomes of grade V elementary students, which is marked
by: Class V students as much as 19 children experienced an increase in learning
outcomes before the action average value 69.7 (below KKM 75), cycle I average
value 74, 7 (11 children reached KKM, 8 children still under KKM), cycle II average
score 80,8 (all students reach KKM).
Keywords: TGT, learning outcomes, math

Keywords


TGT, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (print)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter