PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA DAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN RONOWIJAYAN PONOROGO

Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas bertanya dan kreativitas siswa
dengan menerapkan metode pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tiga tahap
dalam analisis data, reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil
penelitian perolehan persentase sebelum sebelum dilakukan tingkat keaktifan
bertanya siswa 36 % dan kreativitas belajar siswa 32%, sampai dengan siklus II yang
mengalami peningkatan dengan persentase tingkat keaktifan bertanya siswa 84 %
dan kreativitas belajar siswa 76% dengan demikian telah mencapai kriteria
keberhasilan. Hasil tersebut pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar kognitif
siswa pada sebelum siklus 40% meningkat pada siklus II menjadi 80% yang
menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan dan telah
mencapai harapan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode pembelajaran Active Learningtipe quiz team mampu meningkatkan aktivitas
bertanya siswa dan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V
SDN Ronowijayan tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci :Team Quiz, Keaktifan Bertanya, Kreativitas.
ABSTRACT
This study aims to improve the activity and creativity of the students by
applying learning methods Active Learning types Quiz Team. This research is a
classroom action research. This study uses three stages in the data analysis, data
reduction, data presentation and make conclusions.The results of the research the
acquisition of the percentage before prior to the level of activity asks students 36%
and the creativity of students learning 32%, up to the second cycle which has
increased with the acquisition of the percentage level of activity asks students 84%
and the creativity of students learning 76%, and this have achieved the success
criteria. These results ultimately affect the cognitive achievement of students in the
prior cycle 40% increase in the second cycle to 80%, which indicates the level of
classical completeness of students has increased and has reached expectations.
Based on these results it can be concluded that the application of learning methods
Active Learning-type quiz team is able to enhance the activity asks students and the
creativity of students in science teaching in class V SDN Ronowijayan Ponorogo the
academic year 2016/2017.
Keywords: Quiz Team, activeness inquiry, Creativity

Keywords


Team Quiz, Keaktifan Bertanya, Kreativitas

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (print)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter