UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KESAMAPTAAN MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN)

  • Tri Sutrisno FKIP UNIVET SUKOHARJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan Mahasiswa semester IIIB PGSD UNIVET Sukoharjo dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah Kesamaptaan melalui reinforcement (penguatan). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Subyek penelitian adalah Mahasiswa semester IIIB PGSD UNIVET Sukoharjo Tahun Akademik 2016/2017 yang berjumlah 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa semester IIIB PGSD UNIVET SukoharjoTahun Akademik 2016/2017 mengalami peningkatan kedisiplinan secara signifikan setelah diberi tindakan penguatan.Pada siklus I pertemuan pertama tingkat kedisiplinan hanya35,9%, kemudian pada siklus I pertemuan kedua kedisiplinan berada di 67,1%. Setelah siklus I berakhir ternyata kedisiplinan belum memenuhi KKM. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan sudah berada pada 80%. Dilanjutkan pada siklus II pertemuan pertama, kedisiplinan sudah mencapai angka71,8%. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua kedisiplinan mencapai 85,%. Kata kunci :kedisiplinan, reinforcement, kesamaptaan ABSTRACT This study aims to improve student discipline of third semester B PGSD UNIVET Sukoharjo in learning Kesamaptaan subjects through strengthening (reinforcement). This study is a classroom action research that is in progress two cycles, each cycle consists of two meetings. The subject of this research is the third semester student of B PGSD UNIVET Sukoharjo Academic Year 2016/2017 which likes 32 students. Technical data used are observation and interview.The results showed that students of the third semester B PGSD UNIVET Sukoharjo Academic Year 2016/2017 experienced significant increase of discipline after being given strengthening action. In the first cycle of the first meeting the level of discipline is only 35.9%, then in cycle I the second meeting of discipline was at 67.1%. After the first cycle ended, the discipline has not fulfilled the KKM. Research is said to work if the level of discipline is already at 80%. Continued on the first cycle of the first meeting, discipline has reached 71.8%. Then in cycle II the second meeting of discipline reached 85,%. Keyword: Dicipline, Reinforcement, Kesamaptaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-21
How to Cite
Sutrisno, T. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KESAMAPTAAN MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 1-8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1847
Section
Articles