UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA SEMESTER III PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KESAMAPTAAN MELALUI REINFORCEMENT (PENGUATAN)

Tri Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan Mahasiswa
semester IIIB PGSD UNIVET Sukoharjo dalam mengikuti pembelajaran mata
kuliah Kesamaptaan melalui reinforcement (penguatan). Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua
kali pertemuan.Subyek penelitian adalah Mahasiswa semester IIIB PGSD UNIVET
Sukoharjo Tahun Akademik 2016/2017 yang berjumlah 32 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Mahasiswa semester IIIB PGSD UNIVET SukoharjoTahun
Akademik 2016/2017 mengalami peningkatan kedisiplinan secara signifikan setelah
diberi tindakan penguatan.Pada siklus I pertemuan pertama tingkat kedisiplinan
hanya35,9%, kemudian pada siklus I pertemuan kedua kedisiplinan berada di 67,1%.
Setelah siklus I berakhir ternyata kedisiplinan belum memenuhi KKM. Penelitian
dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan sudah berada pada 80%. Dilanjutkan
pada siklus II pertemuan pertama, kedisiplinan sudah mencapai angka71,8%.
Kemudian pada siklus II pertemuan kedua kedisiplinan mencapai 85,%.
Kata kunci :kedisiplinan, reinforcement, kesamaptaan
ABSTRACT
This study aims to improve student discipline of third semester B PGSD
UNIVET Sukoharjo in learning Kesamaptaan subjects through strengthening
(reinforcement). This study is a classroom action research that is in progress two
cycles, each cycle consists of two meetings. The subject of this research is the third
semester student of B PGSD UNIVET Sukoharjo Academic Year 2016/2017 which
likes 32 students. Technical data used are observation and interview.The results
showed that students of the third semester B PGSD UNIVET Sukoharjo Academic
Year 2016/2017 experienced significant increase of discipline after being given
strengthening action. In the first cycle of the first meeting the level of discipline is
only 35.9%, then in cycle I the second meeting of discipline was at 67.1%. After the
first cycle ended, the discipline has not fulfilled the KKM. Research is said to work if
the level of discipline is already at 80%. Continued on the first cycle of the first
meeting, discipline has reached 71.8%. Then in cycle II the second meeting of
discipline reached 85,%.
Keyword: Dicipline, Reinforcement, Kesamaptaan

Keywords


kedisiplinan, reinforcement, kesamaptaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bidang Pendidikan Dasar is indexed by: Google Scholar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics