Penerapan Paikem Pada Materi Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar)

  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Didik Iswahyudi Iswahyudi Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan PAIKEM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN Kebonsari 4 Malang, sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa PAIKEM meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan pemerolehan skor instrumen aktivitas siswa. Pada siklus I diperoleh skor nilai ratarata 75%, sedangkan pemerolehan skor pada siklus II dengan nilai rata-rata 86%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa. Selain meningkatkan aktivitas belajar siswa, PAIKEM juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat selama tindakan I dengan nilai rata-rata 83%dan diakhiri tindakan II dengan nilai rata-rata 89%. Maka dapat disimpulkan bahwapenerapan PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kebonsari 4 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-10
How to Cite
Sakdiyah, S., & Iswahyudi, D. (2017). Penerapan Paikem Pada Materi Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 70-77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1904
Section
Articles