ANALISIS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN GADINGKEMBAR 2 KECAMATAN JABUNG MALANG

ANALISIS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN GADINGKEMBAR 2 KECAMATAN JABUNG MALANG

Authors

  • Ratih Kartika Werdiningtiyas Universitas Kanjuruhan Malang
  • Cicilia Ika Rahayunita Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1607

Keywords:

Culture and Skill Art Learning

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBK, mendeskripsikan kendala pembelajaran, mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pembelajaran SBK di SDN Gadingkembar 2 Kecamatan Jabung Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Pelaksanaan pembelajaran SBK di SDN Gadingkembar 2 sudah sesuai dengan Standar Kompetensi. Pembelajaran menggunakan pendekatan, metode dan media pembelajaran sudah sesuai dengan yang telah dirancang dalam RPP. Kendala pembelajarannya  meliputi: buku guru dan buku siswa yang disediakan pendalaman materinya masih kurang, dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya dan keterampilan guru masih kurang mengembangkan pendekatan, metode dan media pembelajaran. Data dari SDN Gadingkembar 2 nilai siswa 74% atau 23 siswa adalah tinggi dari 31 siswa. Dari jumlah 23 memiliki kemampuan yang kreatif dalam mengolah hasil fikiran dengan baik sehingga berpengaruh baik terhadap hasil belajar dan keterampilan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni budaya dan keterampilan dengan materi seni rupa di SDN Gadingkembar 2 dapat mempengaruhi keterampilan anak.

  

ABSTRACT

 

Purpose of this study to describe the implementation of learning SBK, describes the obstacles of learning, describing how much influence learning in SDN Gadingkembar SBK 2 District Jabung Malang. Methods of this study used a qualitative approach, case study. SBK learning implementation at SDN Gadingkembar 2 are in accordance with the Standards of Competence. Learning approaches, methods and learning media is in conformity with which has been designed in the RPP. Learning constraints include: a book teacher and student book provided the deepening of the material is still lacking, in the implementation of the cultural arts learning and skills of teachers are still lacking to develop approaches, methods and learning media. Data from SDN Gadingkembar 2 student scores 74% or 23 students is a high of 31 students. Of the total 23 have the creative ability to cultivate the mind so well that a good effect on learning outcomes and skills of students. This suggests that learning art skills with material culture and art in SDN Gadingkembar 2 can affect children's skills.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-10

How to Cite

Werdiningtiyas, R. K., & Rahayunita, C. I. (2017). ANALISIS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SDN GADINGKEMBAR 2 KECAMATAN JABUNG MALANG. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 64–68. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1607

Issue

Section

Articles
Loading...