EVALUASI KUALITAS VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.21067/jibs.v11i2.10458Keywords:
Multimedia, beban kognitif, Bahasa MandarinAbstract
Video pembelajaran bahasa Mandarin di platform online seperti YouTube semakin populer dalam pendidikan, namun masih memerlukan evaluasi terhadap penerapan teori multimedia untuk pembelajaran yang efektif. Penelitian ini mengevaluasi video dari channel "Mandarin Corner" berdasarkan prinsip-prinsip teori multimedia dengan fokus pada beban kognitif. Hasil menunjukkan sebagian besar video-video pada channel YouTube Mandarin Corner tersebut telah menerapkan prinsip-prinsip redundansi dan koherensi, namun masih memiliki keterbatasan dalam penerapan prinsip modalitas dan kontiguitas. Implikasi penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan elemen visual dan auditori dalam desain pembelajaran online untuk memperkaya pengalaman belajar. Keterbatasan penelitian termasuk jumlah sampel terbatas dan fokus pada analisis data checklist binary, yang membatasi generalisasi hasil pada konteks video yang dievaluasi.
References
Affandi, U. C. (2015). Pengembangan media animasi interaktif tiga dimensi sebagai alat bantu ajar mata pelajaran IPA Kelas VII menggunakan blender game engine. 7(2), 62-70.
Altmeyer, K. K. (2020). The use of augmented reality to foster conceptual knowledge acquisition in STEM laboratory courses—Theoretical background and empirical results. 51(3) 611-628.
Clark, R. M. (2012). Applying the personalization principle: use conversational style and virtual coaches. dalam e-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia.
Cooper, G. (1990). Cognitive load theory as an old for instruction design. 6(2), 108-103.
Fitria, Y. &. (2020). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli ligkungan dan literasi sains .
Ginting, D., Barella, Y., Linarsih, A., & Woods, R. (2021). Emergency remote teaching practices in the perspective of cognitive load of multimedia learning theory. In R., Juppeny, L., Roshida & D., Rega (Eds.), International Conference Of Education, Social And Humanities (INCESH 2021) (pp. 96-106). Atlantis Press
Ginting, D., Sulistyo, T., Ismiyani, N., Sembiring, M.J., Asfihana, R., Fahmi, A., Suarniti, G.A.M.R., Mulyani, Y.S. (2022). English language teacher’s multimedia knowledge in teaching using technology, World Journal of English Language, 12(6), 184-203.
Izzah, N. S. (2023). Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website untuk Siswa SMA Islam. .
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-prinsip dan aplikasi. Pustaka belajar.
Mayer, R. E. (2010). Cognitive load theory: techniques that increase generative processing in multimedia learning: open questions for cognitive load research.
Merryll, P. F. (1995). Computers in education (3rd ed).
Nasirun, H. M. (2021). Kesesuaian alat permainan edukatif terhadap aspek perkembangan bahasa dan kognitif anak.
Noetel, M. G. (2022). Multimedia Design for learning: An Overview of reviews with meta-meta-analysis. Review of Educational Research.
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 versi 2016. JTIEE (Journal Teaching in Elementary Education).
Singh, H. (2003). Building effective blended learning. Educational Technology, 51-54.
Sweller, John. (2010). Cognitive load theory: Recent theoretical advances. Cambridge University Press.
Suyanto, M. (2005). Multimedia: Untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penerbit Andi Offset.
Vaughan, Tay. (2006). Multimedia: Making It Work, Edisi 6. ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harlin Chory

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.