REPRESENTASI KONFLIK SOSIAL DALAM FILM OMAR 2013 KARYA HANY ABU-ASSAD (SOSIOLOGI SASTRA)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menganalisis representasi konflik sosial dalam film “Omar” (2013) karya Hany Abu-Assad melalui pendekatan sosiologi sastra. Film ini menggambarkan kehidupan seorang pemuda Palestina yang terjebak antara aspirasi pribadinya dan realitas politik yang membatasi dirinya. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi tema-tema utama yang muncul dalam narasi, tokoh, dan latar yang mencerminkan dinamika sosial dan politik di zona konflik. Studi ini menemukan bahwa “Omar” tidak hanya menceritakan kisah individu namun juga mencerminkan pengalaman kolektif komunitas Palestina yang tertindas oleh pendudukan. Melalui karakter yang kompleks, film ini menggambarkan pergeseran identitas, kesetiaan, dan perjuangan kebebasan. Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa “Omar” berfungsi sebagai media yang efektif untuk memahami dan merefleksikan konflik sosial yang mendalam, serta tantangan yang dihadapi individu dalam konteks yang lebih luas. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada bidang sosiologi sastra dengan menyoroti bagaimana seni dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap realitas sosial dan politik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Referensi
Alfian Rokhmansyah. (2014). Studi dan pengkajian sastra: perkenalan awal terhadap ilmu sastra. Graha Ilmu.
Coser, Lewis. (1956). The Functions of Social Conflict. Free Press.
Habib Alwi. (2016). Pengantar Studi Konflik Sosial: Sebuah Tinjauan Teoretis (Suprapto, Ed.). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.
Johnson, D. P. (1986). teori sosiologi: klasik dan modern. Terj. Robert M.Z. Lawang. Gramedia.
Johnson, D. P. (1990). teori sosiologi: klasik dan modern (Jilid II). Terj. Robert M.Z. Gramedia.
Marx. (2011). Kapital Buku II. Hasta Mitra.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi (GP Press Group).
Ni Luh Steckey Hokky Mokharisma, Wayan Nurita, & Betty Debora Aritonang. (2022). Konflik Sosial dalam Film Manbiki Kazoku Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Program Studi Sastra Jepang (JANARU SAJA), 11, 1–8.
Osborne, R., & B. Van Loon. (1998). Mengenal Sosiologi: For Beginners. Ed. Richard Appignanesi. Terj. Siti Kusumawati A. Mizan.
Rohanda, R. (2016). Metode Penelitian Sastra: Teori, Metode, Pendekatan, dan. Praktik. LP2M UIN SGD Bandung. Diakses dalam https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89761
Ratna, N. K. (2003). Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka.
Sapardi Djoko Damono. (1978). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas (S. Effendi, Ed.). Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa departemen pendidikan dan kebudayaan.
Saputri, & Angi. (2016). Konflik Sosial pada Novel Warisan Karya Chairul Harun. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. PT Rafika Aditama Anggota Ikapi.
Susanto, A. S. (1982). Komunikasi Masa. Bina Cipta.
Wellek, R., & Warren, Austin. (1949). Theory of Literature. Penerbit Harcourt, Brace and world.
Wijaya, H. (2018). Ringkasan dan Ulasan Buku Analisis Data Penelitian Kualitatif.
Ramadhan, Gia. 2024. “PERUBAHAN NASIB TOKOH UTAMA DALAM CERPEN NIKOSIA KARYA SAADI YOUSSEF (ANALISIS SEMIOTIKA NARATIF A.J GREIMAS).” JILSA: Jurnal Ilmu Linguistik & Sastra Arab 8 (April):53–66.
Wahid, M. 2017. Teori Konflik Sosiologi Klasik dan Modern. Surabaya: Surabaya: Universitas Muhammadiyah.
Dinanti, Angela Putri, dan Dolla Sobari. t.t. “KONFLIK SOSIAL DALAM FILM ALEPHIA 2053.”
G, Mutiara. 2022. “Class Conflict in Parasite Film Using Marxist Criticism.” Akrab Juara, 180–94.
Sobur, A. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilawati. 2021. “Konflik Sosial dalam novel Nyala Semesta Karya Farah Qoonita.” Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya 2 (Desember):32–34.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra (Pengantar Ilmu Sastra). Bandung: Pustaka Jaya.
Wahid, M. 2017. Teori Konflik Sosiologi Klasik dan Modern. Surabaya: Surabaya: Universitas Muhammadiyah.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.