PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA ANAK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGEMBANGKAN PRIBADI SISWA
Keywords:
pembelajaran mendengarkan, cerita anak, pendidikan karakter, pribadi siswa.Abstract
Cerita merupakan salah satu wujud budaya yang berupa hasil karya masyarakat Indonesia. Penyebaran cerita pada umumnya dilakukan secara lisan. Melalui kelisanan tersebut, penyimak cerita dapat memahamai kejadian, sejarah, dan asal usul sebuah tempat. Cerita yang ditujukan khusus untuk anak-anak sering disebut cerita anak. Cerita anak mengandung pesan yang bermanfaat bagi perkembangan moral anak. Cerita anak dapat dijadikan media pembelajaran yang berpotensi besar mengembangkan karakter siswa, khususnya siswa SMP.
References
Gunarsa, Singgih D. 2004. Dari Anak Sanpai Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Herfanda, A.Y. 2008. Sastra Sebagai Agen Perubahan Budaya dalam Bahasadan Budaya dalam Berbagai Perspektif.Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara Wacana.
Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: PT. Grasindo.Latif, Yudi. 2009. Menyemai Karakter Bangsa. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2003. Bercerita untuk Anak Usia Dini.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti.
Mustakhim, Muhammad Nur.2005. Peranan Cerita dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti.
Puryanto, Edi.2008. Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI
.Soedijarto. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 4. Jakarta: PT. Grasindo.Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra.Bandung: Angkasa.
Utomo, Erry. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.