Abstract
Indonesia merupakan negara yang dihuni beragam suku, agama, bahasa dan sebagainya, keragaman tersebut dinodai aksi terorisme yang menciderai Pancasila dan nasionalisme. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam penguatan nasionalisme pada dinamika bangsa melalui Duta Damai Yogyakarta, faktor pendukung, faktor penghambat, serta upaya-upaya dalam menjaga teraktualisasikannya nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan jenis riset naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam penguatan nasionalisme pada dinamika bangsa melalui Duta Damai Yogyakarta dengan membuat pamflet hari besar umat beragama, peduli pada anak berkebutuhan khusus, mencintai produk lokal, kesetaraan saat musyawarah serta pada pembagian dana aspirasi. Faktor pendukungnya yaitu kecintaan terhadap perdamaian, kebersamaan, serta adanya anggaran. Faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sumber daya manusia dan kesibukan anggota. Upaya-upaya menjaga teraktualisasikannya nilai-nilai Pancasila yaitu dengan melakukan bincang keragaman dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan penelitian ini yaitu ternyata aktualisasi nilai-nilai Pancasila dapat menguatkan nasionalisme.
References
Agung, R., Adam, A. F., Haris, U., & Umakaapa, M. (2024). Penguatan nilai-nilai ideologi Pancasila dan nasionalisme pada mahasiswa himpunan mahasiswa administrasi negara Universitas Musamus. Journal Of Social Science Research, 4, 6277–6286.
Åkerblom, A., & Harju, A. (2021). The becoming of a Swedish preschool child? Migrant children and everyday nationalism. Children’s Geographies, 19(5), 514–525. https://doi.org/10.1080/14733285.2019.1566517
Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi Terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996–998. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2294
Aqil Teguh Fathani1, E. P. P. (2020). Implementasi nilai Pancasila dalam menekan radikalisme agama. Mimbar Keadilan, 13(2).
Ashari, A. F. (2016). Analisis peranan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sila kedua. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 429. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1075
Balqis, S. D. P., & Najicha, F. U. (2022). Penanaman nilain-nilai Pancasila di era pandemi covid-19. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(6), 210–216. https://doi.org/10.56393/decive.v2i6.634
Bhayangkara, C. S. (2023). Sembilan kasus intoleransi di Yogyakarta: salib makam dipotong, Camat bukan Islam ditolak. Suara.Com. https://www.suara.com/news/2023/03/24/151641/9-kasus-intoleransi-di-yogyakarta-salib-makam-dipotong-camat-bukan-islam-ditolak
Budiono. (2021). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 79–89.
Chen, R. L. (2020). Trends in economic inequality and its impact on Chinese nationalism. Journal of Contemporary China, 29(121), 75–91. https://doi.org/10.1080/10670564.2019.1621531
Czyżowska, D., Gurba, E., Białek, A., Czyżowska, N., & Kalus, A. (2020). Young adults in relationships and singles: religiosity and the structure of values. Journal of Beliefs and Values, 41(4), 388–405. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1746878
Eamon Doyle. (2021). Nativism, nationalism, and patriotism. Greenhaven Publishing.
Eddy. (2018). Berbangsa dan bernegara. Dharmasmrti, 18(1), 1–10.
Firmansyah, S. bagus. (2021). Sekitar Pancasila dan Etiket mempelajarinya. CV Jejak.
Fitriono R. A., Fadhil M., & Akhriansyah H. S. (2022). Perspektif Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa. Jurnal Ekonomi Sosial Dan Humaniora, 1–4.
Fuadi, A., Muti’ah, T., & Hartosujono, H. (2019). Faktor-Faktor Determinasi Perilaku Klitih. Jurnal Spirits, 9(2), 88. https://doi.org/10.30738/spirits.v9i2.6324
Gede, D., Divayana, H., Sudirtha, I. G., & Gading, I. K. (2020). Perancangan aplikasi evaluasi wajah berbasis tri hita karana-aneka untuk evaluasi kemampuan komputer siswa dan karakter siswa.
Gracia, S. (2023, September 11). Sejarah peristiwa 11 september AS: serangan terorisme tewaskan ribuan korban. Detik.Jogja. https://www.detik.com/jogja/berita/d-6925250/sejarah-peristiwa-11-september-as-serangan-terorisme-tewaskan-ribuan-korban
Handayani, S. S. (2021). Miris! ini deretan kasus tawuran Kota Pelajar, korban berjatuhan lagi. Solopos. https://jogja.solopos.com/miris-ini-deretan-kasus-tawuran-kota-pelajar-korban-berjatuhan-lagi-1192014
Idris Maas Zaid, M., & Dwi Mukti, F. (2019). Worship Education and Actualization at SD Al-Islam Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 68–90.
Kaderi, A. (2015). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Antasari Press.
Kaelan. (2016). Pendidikan kewarganegaraan. Paradigma.
Kiranantika, A. (2022). Memahami Interseksionalitas dalam keberagaman Indonesia: tinjauan dalam sosiologi gender. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i1.77
Kusuma, A. J., Warsito, T., Surwandono, S., & Muhammad, A. (2019). Indonesia dan ancaman terorisme: dalam analisis dimensi imaterial. Sosiohumaniora, 21(3), 333–341. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i3.21142
Kusuma, P., Dharsono, D., Marianto, D., & Guntur, G. (2020). Maskot kota Yogyakarta. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 250–255. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.1052
Laeli Asyahidah, N., & Anggaraeni Dewi, D. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme pada generasi muda di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9901–9908.
Lainsamputty, N., & Picauly, B. C. (2021). Optimalisasi penyerapan aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan musyawarah desa di Negeri Suli. Bacarita Law Journal, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.30598/bacarita.v2i1.4686
Latif, Y. (2014). Mata air keteladanan; Pancasila dalam perbuatan. Mizan.
Manik, T. S., & Samsuri, S. (2021). Pendekatan kewarganegaraan Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 1(1), 42–50. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.915
Maola, P. S., & Dewi, D. A. (2021). Membangkitkan sikap nasionalisme bagi generasi muda melalui implementasi pendidikan nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 248–253. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4768
Matthew B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publications Inc.
Muhid, H. K. (2023, September 11). Reaksi dunia pascaserangan teroris ke menara kembar WTC New York 11 september 2001. Tempo.Internasional. https://www.tempo.co/internasional/reaksi-dunia-pascaserangan-teroris-ke-menara-kembar-wtc-new-york-11-september-2001-144876
Mulyana, K. E. (2022). Sepanjang 2020 hingga Maret 2022, Densus 88 tangkap 658 anggota aringan terorisme. Kompas TV. https://www.kompas.tv/nasional/272745/sepanjang-2020-hingga-maret-2022-densus-88-tangkap-658-anggota-jaringan-terorisme
Mulyono, G. P., & Fatoni, R. (2019). Demokrasi sebagai wujud nilai-nilai sila keempat Pancasila dalam pemilihan umum daerah di Indonesia. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 97–107.
Murod, A. C. (2011). Nasionalisme ” dalam pespektif Islam ”. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 16(2), 45–58.
Nuryadin, R. (2022). Urgensi dan metode pendidikan toleransi beragama. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 10(1), 86–105. http://dx.doi.org/10.31942/pgrs
Peter, R., & Simatupang, M. S. (2022). Keberagaman bahasa dan budaya sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9(1), 96–105. https://doi.org/10.33541/dia.v9i1.4028
Pintaka, N. (2022). Syarat informasi yang benar dan baik. Duta Damai Yogyakarta.
Putri Amalia Adhari, & Dewi., D. A. (2022). Penguatan nilai Pancasila dalam kehidupan pada arus globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10578–10581.
Rabbani, A. (2020). Penyelesaian tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dalam perspektif restorative justice. Al’ Adl : Jurnal Hukum, 23, 358–372.
Rahma, D., & Dewi., D. A. (2021). Aktualisasi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 63–74.
Ridanpää, J. (2022). ‘Carbon footprint nationalism’: re-conceptualizing Finnish nationalism and national pride through climate change discourse. National Identities, 24(4), 429–446. https://doi.org/10.1080/14608944.2021.1937974
Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan rasa cinta tanah air terhadap Indonesia melalui pemahaman identitas nasional bangsa dan penanaman sikap nasionalisme pada siswa SMP Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.14881
Robertson, M., Kerridge, I., & Walter, G. (2009). Ethnomethodological study of values Australian Psychiatrists: towards an empirically derived RANZCP Code of Ethics. Royal College of Psychiatrists of Australia and New Zealand.
Sari, B. A. P., Wangi, G. C. A., Mawarti, R. D., & ... (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap budaya beretika untuk generasi milenial sebagai upaya meningkatkan rasa nasionalisme. … Dan Pendidikan, 6(2), 322–329. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4456%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/download/4456/3178
Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai kembali multikulturalisme Indonesia dalam bingkai Pancasila. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 34–41. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/302
Sigit Nugroho, Rina Harun, & Septyanun Nurjanah. (2021). Buku menggugah nasionalisme generasi milineal. Lakeisha.
Sinambela, N. M. (2023). Keberadaan duta damai dunia maya sesuai dengan amanat RAN PE. Antara News.
Siti Rochajati. (2020). Melahirkan duta baca. CV. Pilar Nusantara.
Sugiyono, Sucitra, I. B., & Sunny, A. (2020). Strategi peningkatan ketahanan nilai nasionalisme mahasiswa dari ancaman radikalisme di Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan LuarSekolah, 1(4), 45–54.
Suharno. (2020). Urgensi revitalisasi Pancasila dalam membangun karakter kebangsaan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp23-33
Utari, E. S., Trilaksono, Ag., Laksono, P. D., Ibrahim, M., Huda, M. M., & Widodo, A. W. (2023). Implementasi nilai-nilai Pancasila (Penjabaran 45 Butir Pancasila). CV Jejak.
Wijanarko, A., & Ginting, R. (2021). Kejahatan Jalanan Klitih Oleh Anak Di Yogyakarta. Recidive : Jurnal Hukum Pidana Dan Penanggulangan Kejahatan, 10(1), 23. https://doi.org/10.20961/recidive.v10i1.58845
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
