Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peranan model kurikulum Sekolah Alam berbasis karakter Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kurikulum Sekolah Alam berbasis karakter dapat membentuk akhlak, leadership, logika dan bisnis siswa di Sekolah Alam Bintaro terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. Model kurikulum sekolah alam berbasis karakter ini berperan sebagai pedoman dan sarana mentransimisikan -nilai karakter serta mengembangkan potensi setiap siswa. Beberapa hambatan dalam penerapan model kurikulum ini yakni hambatan internal yang datang dari guru dan siswa serta hambatan eksternal yang datang dari orangtua, lingkungan dan teknologi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kurikulum Sekolah Alam berbasis karakter yang terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, ektrakurikuler, dan kokurikuler .berperan aktif menjadikan siswanya memlikiki keterampilan leadership, logika dan bisnis serta memiliki akhlak yang baik.
References
Aedi, Nur dan Nurrohmatul Amaliyah. (2016). Manajemen Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Akhimelita, L, dkk. (2020). Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 5 No. , hal. 27–33
Ansyar, Mohammad. (2015). Kurikulum hakikat, Fondasi, Desain, dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/jmk
Arifin, Zaenal. (2017). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendi, Yulius. (2020). Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Budaya, Humanistik, Dan Nasionalisme Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun X, Nomor 2.
Gultom, A. F. (2016). Iman dengan akal dan etika menurut Thomas Aquinas. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 16(8), 44-54.
Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.2
Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Pemikiran Kierkegaard Tentang Manusia Agony dan Proses Penyembuhan Diri. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 55-61. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.4087
Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). PERUBAHAN IDENTITAS DIRI DALAM EKSISTENSIALISME KIERKEGAARD: RELEVANSINYA BAGI MENTAL WARGA NEGARA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052
I Made Surat. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Vol V. No1.
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2018). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk
Purwadhi. (2018). Pengembangan Kurikulum Abad XXI. Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan. Volume 4 No 2.
Rosita, Lilis. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VIII No. 1
Saifurrohman. (2014). Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Tarbawi Vol. II. No. 2. Jull - Desember 2014
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sholichah, Siti. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1
Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067
Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256
Wadu, L. B., Ladamay, I., & Vemi, E. E. (2019). Pembinaan Moral Anak-Anak melalui Sekolah Minggu di Gereja Santo Andreas Tidar, Malang. Journal Of Moral And Civic Education, 3(2), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8851412322019204
Zultiar, Indra dan Leonita Siwiyanti. (2017). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Vol 6 Edisi 11
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .