Hubungan Tujuan Mata Pelajaran IPS dengan Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.21067/jppi.v19i1.11836Keywords:
Social Sciences, Civic Education, Junior High SchoolAbstract
This study aims to analyze the relationship between the objectives of social science subjects (IPS) and Civic Education subjects (PKN) at SMPN 3 Taliwang. This research is a Qualitative Field Study Research. Data collection uses interview, observation, and documentation techniques. The data that has been obtained is analyzed qualitatively by data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. The results of the study include 1) there is a relationship between the Social Sciences (IPS) and Civic Education (PKN) subjects that the two subjects have similarities, namely the Social Sciences Education (IPS) and Civic Education (PKN) both study about the social life of the community. 2) Social Sciences (IPS) and Civic Education (PKN) subjects have the same goal, namely character building. Specifically, in the Civic Education Subject (PKN), it is more about shaping the character of students who are ethical, polite, and become obedient citizens in state life. Meanwhile, in the Social Science Curriculum (IPS), students are formed so that they are ready to face social problems, face problems in social life, such as juvenile delinquency, drug problems, and so on.
References
A Sutrisno. 2015. Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Partisipasi Politik. Jurnal Pendidikan. 10 (2): 120-124
Amiruddin, dkk. 2020. Upaya Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menekankan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Journal Of Social Science and Education. 1(2): 101-116
Anggraini, L.A., dan Rochmadi, N.W. 2021. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Melalui Media Ular Tangga Kewarganegaraan Pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 6(2): 480-488
Anwar, K., dan Munafiah, N. 2023. 66 Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS di MTS Miftahussalam. Wonosalamdemak. Sosiolum. 5(1):66-65
Balqis, Ratu Alsi, dkk. 2024. Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Transmisi Kewarganegaraan. Sosial: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS. 6(2): 266-272.
Fitriani, A., dan Arifin, J. 2022. Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1):539-547
Harahap, Murni, dkk. 2024. Hubungan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Karakter Siswa. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin. 8(6): 115-122.
Jamalong, dkk. 2019. Pendidikan Pancasila dan Kewatganegaraan di Perguruan Tinggi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Khatimah, H. 2022. Pengaruh Teknik Pembelajaran Kreatif Produktif terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 3(1):54-60.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 2019. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Makruf, A. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Pola dan Bentuk- Bentuk Muka Bumi dengan Metode Out Door pada Siswa Kelas IX.A SMPN 8 Pujut Tahun Pelajaran 2020 /2021”. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 7(1):81-87.
Nasution, dkk. 2023. Keterkaitan Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Mata Pelajaran Lain dalam Fakta Sejarah. PENDIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 4(1): 15-25.
Purwaidyastuti. 2022. Upaya Meningkatkan Prestasi PKN Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picturepada Kelas Viii Cdi Smp Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru. 3(2):59-62.
Suhardi. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum Dalam Mewujudkan Warga Negara yang Cerdas dan Baik (Smart And Good Citizen). Supremasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, dan Pengajaran. 14(2): 112-121.
Yuliatin, Sawaludin, dan Jahiban, M. 2023. Peluang Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran PKN (Penyuluhan Pada Guru PKN SMP dan MTs di Kota Mataram). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(1): 120-131









