Hubungan antara Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 14 Malang

Authors

  • Muawanah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Duran Corebima Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Roni Alim Ba’diyah Kusufa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v19i2.11953

Keywords:

Model Pembelajaran; Quiz Team; Motivasi Belajar; Active Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Malang. Model Quiz Team merupakan inovasi pembelajaran yang menggabungkan kompetisi akademik dan kerja sama kelompok guna menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan menantang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quiz Team berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,5%, sementara motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang (68%) menjadi tinggi (84%). Uji korelasi menghasilkan nilai r = 0,71 dengan p < 0,05, yang menandakan adanya hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel. Penerapan Quiz Team terbukti mampu meningkatkan semangat, keterlibatan, dan rasa tanggung jawab siswa dalam belajar. Model ini dapat dijadikan alternatif inovatif bagi guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan pembelajaran IPS yang interaktif serta bermakna.

References

Alhamuddin, A., Dermawan, O., Azis, H., & Erlangga, R. D. (2023). Character education based on Minangkabau local wisdom. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 6(2), 133–148. https://doi.org/10.21009/hayula.006.02.03

Andriani, M., & Aulia, F. (2024). The reinforcement of character education through the values of local wisdom in folktales. Indonesian Research Journal in Education (IRJE), 7(2), 57–68. https://doi.org/10.22437/irje.v7i2.27609

Arikunto, S. (2021). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fikri, M. Z. (2022). Penerapan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Merangin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 984–992. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1281

Halimah, L., Permana, I., & Rohman, S. (2020). Storytelling through “Wayang Golek” puppet show: Practical ways in incorporating character education in early childhood. Cogent Education, 7(1), 1794495. https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1794495

Hart, P. (2022). Reinventing character education: The potential for participatory character education using MacIntyre’s ethics. Journal of Curriculum Studies, 54(4), 486–500. https://doi.org/10.1080/00220272.2021.1998640

Hendrizal, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran aktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(3), 201–210. https://doi.org/10.17977/um026v27i32020p201

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the implementation of local wisdom-based character education among Indonesian higher education students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Jayanti, F. D., & Wulandari, T. (2024). Character education based on local wisdom Hasthalaku. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 57(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.66260

Mansur, M., & Sholeh, M. (2024). Implementing character education based on local wisdom in a public Islamic elementary school. Journal of Integrated Elementary Education, 4(1), 54–70. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i1.20238

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Parhan, M., & Dwiputra, D. F. K. (2023). A systematic literature review on local wisdom actualization in character education to face the disruption era. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(3), 371–379. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i3.675

Slavin, R. E. (2021). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Boston: Pearson Education.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, F. A. (2023). Meta-analysis: The influence of local wisdom-based learning media on the character of students in Indonesia. International Journal of Educational Methodology, 9(1), 237–248. https://doi.org/10.12973/ijem.9.1.237

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Muawanah, Corebima, D., & Kusufa, R. A. B. (2025). Hubungan antara Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 14 Malang. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 19(2), 99–107. https://doi.org/10.21067/jppi.v19i2.11953