Pemahaman Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Anak sebagai Dasar Desain Pembelajaran MI/SD

Pemahaman Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Anak Sebagai Dasar Desain Pembelajaran MISD

Authors

  • Muhammad Fadhil Pascasarjana Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Subiyantoro Pascasarjana Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21067/jppi.v19i2.12280

Keywords:

perkembangan anak; kognitif; sosial emosional; strategi pembelajaran

Abstract

Pemahaman terhadap perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD) merupakan fondasi penting dalam merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna. Pada rentang usia 7–11 tahun, anak berada pada tahap operasional konkret menurut teori Piaget, yang ditandai dengan kemampuan memahami konsep melalui pengalaman langsung dan objek nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka dengan menelaah berbagai literatur akademik yang relevan untuk mengidentifikasi karakteristik perkembangan anak dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru yang memahami perkembangan peserta didik cenderung mampu merancang strategi pembelajaran yang kontekstual, visual, dan menyenangkan. Selain aspek kognitif, faktor sosial emosional juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi anak dalam kelas. Lingkungan belajar yang kondusif, fleksibel, dan suportif sangat membantu perkembangan mental dan sosial anak secara optimal. Di sisi lain, tantangan seperti perbedaan individu dalam perkembangan dan pengaruh teknologi digital perlu diantisipasi dengan pendekatan pembelajaran yang adaptif dan berorientasi pada nilai. Penelitian ini menegaskan perlunya integrasi pemahaman perkembangan anak dalam praktik pendidikan dasar agar pembelajaran menjadi lebih responsif, holistik, dan berkelanjutan.

References

Andini, Dinar Westri. 2016. “DIFFERENTIATED INSTRUCTION: SOLUSI PEMBELAJARAN DALAM KEBERAGAMAN SISWA DI KELAS INKLUSIF.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2(3). doi:10.30738/trihayu.v2i3.725.

Aulina, Choirun Nisak. 2017. “Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Umsida Press 1–186. doi:10.21070/2017/978-979-3401-56-0.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, Shinta Prima Rosdiana, and Achmad Noor Fatirul. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1(02):56–67. doi:10.58812/spp.v1i02.110.

Chusna, Puji Asmaul. 2017. “PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2):315–30. doi:10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Dewi, Putu Yulia Angga, Naniek Kusumawati, Erinda Nur Pratiwi, I. Gusti Ayu Ngurah Kade Sukiastini, Moh Miftahul Arifin, Rofiatun Nisa, Uslan, Ni Putu Widyasanti, Putri Rahadian Dyah Kusumawati, and Masnur. 2021. Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fatmawati, Ira. 2021. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 1(1):20–37. doi:10.62825/revorma.v1i1.4.

Handayani, Ruri, Eka Putri Amelia Surya, and Maghriza Novita Syahti. 2024. “Kemandirian Anak Dalam Memasuki Usia Sekolah Dasar: Pentingnya Pembentukan Karakter Sejak Dini.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2(2):352–56.

M.Pd, Dr Dadan Suryana. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.

M.Pd.I, Dr Andi Prastowo, S. Pd I. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.

Mulyati, Mumun. 2019. “Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran.” Alim | Journal of Islamic Education 1(2):277–94. doi:10.51275/alim.v1i2.150.

Nasution, Fauziah Nasution, Nur Hasanah Alvi Syahrin, Nurul Fadilah Hasibuan, Ziha Fida Utami Tanjung, and Nurul Hadidah Al-Hadid. 2023. “Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2(5):668–75. doi:10.31004/anthor.v1i5.212.

Nurhida, Pina, Hanin Putri, Teguh Prasetyo, and Daningsih Kurniasari. 2024. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pada Siswa Sekolah Dasar.” JIPSD 1(3):166–78.

Nurjan, Syarifan. 2016. PSIKOLOGI BELAJAR. edited by W. Setiawan. Ponorogo: Wade Group.

Nursobah, Ahmad. 2019. PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI/SD. Jl. Masjid Nurul Falah Lekoh Barat Bangkes Kadur pamekasan, Call/WA: 082 333 061 120, E-mail: redaksi.dutamedia@gmail.com: Duta Media Publishing.

Oktavia, Saraswati. 2024. “Hubungan kualitas lingkungan sekolah dengan karakter siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bandung.” other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ruwaida, Hikmatu, Nida Mauizdati, and Muhammad Nasir. 2024. “Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (SD).” An-Nashr : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 2(1):52–64.

Sibaweh, Imam, Deny Setiawan, Mahmud, and Mohamad Erihadiana. 2024. “Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(3):3895–3904. doi:10.58230/27454312.905.

Siska, Yulia. n.d. Pembelajaran IPS di SD/MI. Garudhawaca.

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika, and Hetty Krisnani. 2020. “OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7(1):48. doi:10.24198/jppm.v7i1.28256.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Fadhil, M., & Subiyantoro. (2025). Pemahaman Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Anak sebagai Dasar Desain Pembelajaran MI/SD: Pemahaman Perkembangan Kognitif dan Sosial Emosional Anak Sebagai Dasar Desain Pembelajaran MISD. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 19(2), 123–128. https://doi.org/10.21067/jppi.v19i2.12280