PENGARUH PENDIDIKAN MORALITAS DAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari pendidikan moralitas terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari pendidikan moralitas dan bimbingan konseling secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini berbentuk diskriptif korelasional yang berbentuk skematik sehingga sifatnya adalah untuk memcari terdapatnya hubungan sebab akibat yang berupa: pendidikan moralitas (X1) dan bimbingan konseling (X2) terhadap prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan, jumlah yang menjadi sampel 68 (25% dari jumlah populasi).  Secara umum hasil analisis secara diskipsif menunjukkan nilai probabilitas adalah 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05 maka H0 ditolak yang berarti pendidikan moralitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dan juga ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar karena pada tingkat probabilitas 0,000 berarti lebih kecil (<) dari 0,05. Dengan demikian bahwa prestasi belajar secara signifikan dipengaruhi oleh bimbingan konseling dan pendidikan moralitas.ÂÂ