PENGARUH PENDIDIKAN MORALITAS DAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Sri Yuliati Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari  pendidikan moralitas terhadap prestasi belajar  siswa, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari bimbingan konseling terhadap prestasi belajar  siswa, dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari  pendidikan moralitas dan bimbingan konseling secara bersama-sama terhadap prestasi belajar  siswa. Penelitian ini berbentuk diskriptif korelasional yang berbentuk skematik sehingga sifatnya adalah untuk memcari terdapatnya hubungan sebab akibat yang berupa:  pendidikan moralitas (X1) dan bimbingan konseling (X2) terhadap prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kabupaten Pamekasan, jumlah yang menjadi sampel 68 (25% dari jumlah populasi).  Secara umum hasil analisis secara diskipsif menunjukkan nilai probabilitas adalah 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05 maka H0 ditolak yang berarti  pendidikan moralitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dan juga ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar karena pada tingkat probabilitas 0,000 berarti lebih kecil (<) dari 0,05. Dengan demikian bahwa prestasi belajar secara signifikan dipengaruhi oleh bimbingan konseling dan pendidikan moralitas. 

Downloads

Published

2015-04-24

How to Cite

Yuliati, S. (2015). PENGARUH PENDIDIKAN MORALITAS DAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1653

Issue

Section

Articles