PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Eka Sulistyo Rini Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo baik secara parsial maupun bersama-sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Variabel penelitian meliputi dua variabel bebas perhatian orang tua (X1), dan kedisiplinan siswa (X2), sedang variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis statistik untuk perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo diperoleh hasil perhitungan harga r = 0,246 > r tabel (5%) = 0,0672, dan dari uji t diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,027. Dari hasil analisis statistik kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo diperoleh hasil perhitungan harga r =    0,447 > r table (5%) = 0,066, sedangkan dari uji t diperoleh nilai probabilitas untuk kedisiplinan siswa 0,000. Sedangkan Dari analisis regresi ganda diketahui koefisien korelasi sebesar 0,465 dengan memperhatikan F hitung sebesar 10.743 yang lebih besar daripada harga kritik F dalam table yaitu 2,29 berarti pengaruh secara bersama-sama  kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo  adalah signifikan.



Downloads

Published

2015-04-24

How to Cite

Rini, E. S. (2015). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1656

Issue

Section

Articles