PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pangaruh secara parsial dan bersama peran orang tua dan kemampuan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MA Mirqatul Ulum Liprak Kulon Banyuanyar Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional.Variabel penelitian meliputi dua variabel bebas yaitu peran orang tua (X1), dan kemampuan guru dalam mengajar (X2), sedang variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Hasil penelitian menunujkkan bahwa: 1) hasil analisis data dengan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,296 dengan signifikan 0,005. Angka 0,005 ini lebih kecil dari alpha sebesar 0,05, 2) hasil analisis data dengan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,962 dengan signifikan 0,007. Angka 0,007 ini lebih kecil dari alpha sebesar 0,05. Artinya X2 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y, dan 3) nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,640 yang berarti bahwa variabel bebas yaitu peran orang tua (X1), kemampuan guru dalam mengajar (X2) mampu menjelaskan variabel terikat prestasi siswa (Y) sebesar 64 % sedangkan sisanya sebesar 36 % dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas dengan variabel terikat mempunyai pengaruh yang kuat.