PENGARUH KREATIVITAS GURU MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL PRESTASI SISWA KELAS XI JURUSAN IPS DI SMAN KARUBAGA KABUPATEN TOLIKARA
Abstract
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan (1) pengaruh kreativitas guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS, (2) pengaruh minat siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS, (3) kreativitas guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMAN Karubaga Kabupaten Tolikara. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif sedangkan untuk jenis penelitian adalah korelational sebab akibat. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru mengajar dan minat siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini: (1). Guru atau pendidik yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi dalam mengajar akan menghasilkan siswa yang mempunyai prestasi belajar IPS lebih baik dan guru atau pendidik yang mempunyai tingkat kreativitas rata-rata atau rendah akan menghasilkan siswa yang mempunyai prestasi belajar IPS rata-rata atau rendah.        (2). Siswa yang mempunyai tingkat minat belajar tinggi memiliki prestasi belajar IPS lebih baik dari siswa yang mempunyai tingkat minat belajar rata-rata atau rendah. (3). Hasil prestasi (y) dipengaruhi sebesar 58 % oleh variabel Kreativitas Pendidik (X1) dan minat belajar siswa (X2) sedangkan sisanya (100% - 58%) 42% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Hal tersebut menunjukkan kreativitas pendidik dan minat belajar secara bersama-sama dengan persentase 58% berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. sedangkan sisanya ada faktor lain yang mempengaruhi, faktor lain tersebut bisa dimungkinkan adalah faktor pengaruh lingkungan, fasilitas, pergaulan dan motivasi siswa.