PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Main Article Content

Hadi Sucipto

Abstract

Dalam penelitian ini dirumuskan permasalahan dibagai berikut :1) Adakah pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan sekolah terhadap kinerja guru? 2) Adakah pengaruh yang positif  antara lingkungan sekolah terhadap kinerja guru? 3) Adakah pengaruh yang positif secara bersama-sama gaya kepemimpinan dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru. Tujuan yang ingin dicapai: a) Untuk mengetahui dan Menganalisis pengaruh yang positif  antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, Untuk mengetahui dan Menganalisis pengaruh yang positif  antara lingkungan sekolah terhadap kinerja guru, Untuk mengetahui dan Menganalisis pengaruh yang positif  antara gaya kepemimpinan dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini melibatkan sebanyak 39 guru, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang positif  antara lingkungan sekolah terhadap kinerja guru yang menjadi populasi penelitian. Melihat jumlah populasi yang tidak terlalu banyak maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik total sampling. Dalam penelitian ini variabel bebas gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan variabel lingkungan sekolah (X2) berpengaruh terhadap  kinerja guru (Y). Hasil perhitungan  SPSS versi 16.00 diperoleh hasil berikut Nilai koefisien R adalah 0.955 akan mendekati 1. Jadi, kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan variabel lingkungan sekolah (x2) berpengaruh terhadap kinerja guru terhadap variabel terikat yang ditunjukkan oleh koefisien determinan simultan (Rsimultan) adalah sebesar 0.912 menjadi 91,2 %, sedangkan sisanya sebesar 8.8 % dipengaruh oleh variabel lain di luar penelitian ini. Uji F dipergunakan untuk mengukur tingkat signifikan hubungan antara variabel bebas dari hasil olahan SPSS 16.00 diperoleh hasil sebagai berikut fhitung187.058 dengan signifikan 0.00 dibawah level signifikan 5% (ftabel), dengan demikian berarti Hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima, disimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan lingkungan sekolah perpengaruh positif terhadap kinerja guru.

Article Details

How to Cite
Sucipto, H. (2015). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(3). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1674
Section
Articles