IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Winarti Winarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh implementasi pendekatan saintifik dan penggunaan metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Kec. Jetis Kab. Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa, sedangkan sampel penelitianya sebanyak 45 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenisnya survey korelasional. Untuk memperoleh data tentang implementasi pendekatan saintifik dan penggunaan metode problem based learning dikumpulkan dengan metode kuisioner, sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui nilai lembar kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah uji asumsi klasik ( uji normalitas, multikolineritas, heteroskedastisitas)  dan uji hipotesa (analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara implementasi pendekatan saintifik dan penggunaan metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 2 Kec. Jetis Kab. Ponorogo. Persepsi siswa terhadap implementasi pendekatan saintifik mempunyai skor rerata 79.73, metode problem based learning mempunyai skor rerata 56.89 dan kemampuan berpikir kritis siswa sekor reratanya 36.38. Hasil koefesiensi regresi untuk implementasi pendekatan saintifik sebesar 0,323 yang berarti implementasi pendekatan saintifik mempunyai korelasi yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dan koefesien regresi metode problem based learning sebesar 0,513 yang berarti metode problem based learning mempunyai korelasi yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa, serta dari hasil analisa regresi berganda mengungkapkan adanya korelasi yang positif antara persepsi siswa tentang implementasi pendekatan saintifik, metode problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa 

Downloads

Published

2015-04-06

How to Cite

Winarti, W. (2015). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(3). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1678

Issue

Section

Articles